Blog Archive

Sunday, March 25, 2012

Ternyata, Krim Wajah Racikan Dokter 'Online'

Baru sekitar setahun yang lalu aku menulis postingan ini. Sudah lama tidak dibuka dan saat dibaca sekarang rasanya tulisanku masih kekanak-kanakan dan banyak out of topic. Atas pertimbangan agar lebih nyaman dibaca, posting  ini tidak henti-hentinya diperbaharui. Banyak isi yang dipotong agar menjadi lebih fokus dan padat, sedangkan isi yang dipotong telah dibuat tema posting sendiri, yaitu Multifunction Cream Sebagai Skincare AlternatifPerjuangan Melawan BreakoutTakut Dokter Kulit? Jangan!Referensi Bermanfaat: Stop Produk Kosmetik Abal-Abal Pleaaaase!!, dan Solusi Mengeluarkan Merkuri dari Tubuh.

Posting ini ditulis dari saat aku masih sangat 'awam' dan bodoh tentang krim gajebo, sampai sudah terbuka pikirannya karena banyak membaca artikel. Semoga ilmu yang aku tulis dapat bermanfaat dan membuat melek konsumen Indonesia :)

Maret 2012 lalu aku membeli paket krim wajah Walet 2 in 1 di sebuah online shop Facebook. Sudah pernah denger krim walet? Siapa sih cewe yang tidak tergiur dengan promosinya. Dari bermacam-macam merek krim walet, aku menemukan salah satu online shop yang menjual merek ini. Harga paket krim ini sebenarnya terbilang mahal, tapi yang aku temukan hanya seharga 40rb saja. Manusiawi, tergiur murah dan aman (menurut pengakuan seller, alasannya di deskripsi produk terdapat tulisan dari singapura), aku tergiur untuk mencoba.

Paket krim walet tiba. Saat kotak paket kubuka, rasanya seperti ada wangi ngengat parfum keluar. Wangi ini ternyata dari sabun yang diberi nama Soap UV. Whitening. Deskripsi produk yang tertulis ternyata menggunakan bahasa Indonesia walau ada tulisan dari Singapura. Dari sini saja sudah terlihat akal-akalan produsen. Isi paket ada sabun, krim pagi, krim malam dan krim anti iritasi menurut pengakuan seller yang di bungkus krim tertulis "Fluocinonide Cream".


Paket krim Walet 2 in 1

Ternyataaaaaaa.. di tokopedia.com ada yang jual 20rb, bahkan 16rb! Harga yang sangat murah ini membuat aku ragu terhadap kualitas produk. Saat pertama kali ingin coba, aku bingung bagaimana pemakaian krim ini. Karena si penjual tidak komunikatif dengan banyak pertanyaan yang aku ajukan, aku pun mulai mencari tau apa itu krim Fluocinonide. Dari sumber yang aku dapat, Fluocinonide krim adalah krim untuk eczema atau peradangan kulit akibat reaksi hipersensitif (respon berlebihan) terhadap alergen (pencetus timbulnya reaksi alergi) dari luar (eksogen) maupun dari dalam tubuh penderita (endogen). Intinya adalah untuk penderita penyakit alergi kulit dan ini pun harus dengan resep dokter. Klik tentang fluocinonidecream.

Merasa aku tidak punya alergi kulit, mulailah aku pake krim ini tanpa krim Fluocinonide. Beberapa menit setelah aku oleskan, wajahku terasa panas seperti meradang. Baru aku kepikiran mungkin ini efeknya jika tidak memakai krim Fluocinonide tersebut. Baca tentang ciri-ciri krim pemutih berbahaya disini.

Setelah pakai selama dua minggu, tidak ada perubahan yang berarti. Itu mungkin karena krimnya aku olesi tipis-tipis pada wajahku. Di minggu ketiga, aku mulai ingin mencoba produk lain. Aku ketemu paket krim ini di sebuah online shop Facebook. Termakan promosi, akhirnya aku membeli krim ini. Sebelum krim wajah yang baru aku pesan ini tiba, aku kembali menengok paket krim Walet 2 in 1 yang masih penuh. Karena gemes tidak mendapatkan hasil yang memuaskan seperti promosinya, aku mulai mengolesi krimnya dengan porsi lebih banyak agar cepat habis.

Niatnya setelah habis dapat aku jeda sekitar seminggu sebelum memakai paket krim baru tersebut (cara ini harus kamu lakukan jika ingin berpindah produk dokter). Tapi niat itu hilang setelah pagi hari pemakaian banyak semalam. Tidak disangka kulit wajah jadi panas. Walau wajah jadi memutih, jerawat kempis, wajahku meradang. Saking panasnya seperti ada ngilu dari dalam rahang dan bagian wajah lainnya. Kulitku juga terlihat mengelupas tipis. Mungkin ini 'reaksi wajar' menurut penjualnya. Mulai saat itu aku tidak berani memakai krim walet ini lagi. Krim walet tadi justru berefek samping seperti krim dokter pada umumnya.

Dan akhirnya aku tau tentang krim wallet ini adalah krim abal-abal. Oke, aku tulis dengan font besar saja biar yang lagi salto pun bisa baca:
Pada database registrasi BPOM, merek maupun produk yang menggunakan bahan dasar walet yang legal hanya berupa losion tubuh (body lotion), losion tangan (hand body lotion), pembersih (cleaner), serta beberapa produk makanan dan minuman. 04/03/13 (sumber)

Dapat disimpulkan untuk saat ini, semua krim walet yang beredar masih tidak ada kejelasan mulai dari kandungan sampai intansi pembuat sehingga belum layak konsumsi. Sumber yang didapatkan dari informasi tersebut adalah sumber yang memiliki instansi jelas sehingga datanya valid!

Sekilas tentang krim dokter. Sebenarnya krim racikan dokter tidak boleh dijual di Online. Karena jika ada efek samping alergi kulit, purging, inflamasi, flare-up, dll (seperti meradang atau muncul jerawat besar-besar), terlihat kusam dan lainnya (tergantung kondisi wajah), konsumen tidak bisa konsultasi langsung dengan pakarnya sehingga memutuskan berhenti dari pemakaian. Padahal, menurut salah satu dokter kulit dari RSUD Moewardi, jika konsumen sudah memutuskan untuk memakai krim dokter, konsumen harus intense melanjutkan pemakaian sampai segala macam efek samping itu berhenti (sampai sembuh). Karena namanya obat dokter, pasti beda dengan produk pasaran yang tidak ada efek samping dan hasil dalam waktu cepat.

Paket berikutnya tiba dirumahku. Nama paketnya adalah Cream PL, pernah dengar? Si penjual mengaku krim ini merupakan krim racikan dokter yang aman. Kandungannya Vit. E, bubuk mutiara, collagen dan coconut oil. Krim yang dijual di facebook ini diklaim sebagai krim yang sangat bagus untuk wajah. Sudah banyak testimonial yang aku baca dari foto-foto si penjual ini.

Paket krim PL yang kubeli, 150rb. Lihat sabunnya, sepertinya merk sabun sengaja dilepas. 

Foto diatas memang masuk akal, 150rb terdiri dari krim dan sabun. Berbeda dengan krim walet yang terlalu murah dan isinya juga sangat dikit. Yang ganjil adalah sabunnya, merk dilepas mungkin takut ketauan sabun murah atau bisa cari ditempat lain dengan harga yang lebih murah. Dari berhenti pemakaian krim walet, sebenarnya aku sudah ragu untuk coba-coba lagi. Saat itu aku mulai mencari info sedetailnya dari sang seller. Mulai dari nomor BPOM dan kandungannya bermerkuri atau hydroquinon aku tanyakan pada penjual. Namun si penjual tidak menjawab hal itu. Seperti tidak berani menanggapi, penjual malah mengalihkan pertanyaan dengan kata-kata seperti "krim ini bagus, banyak yang cocok, dan kandungannya aman" (mengulang isi kandungan seperti yang disebutkan diatas tadi). Aku pun mulai mencari-cari cara mengetahui kandungan merkuri di google, dan akhirnya ketemu. Cara ini memang tidak valid, namun saat itu hanya cara ini yang dapat aku lakukan untuk mengetes barang yang telah aku beli. (Cara-cara penting lainnya juga terdapat setelah ini).

Cara mengetes kandungan merkuri pada krim dengan menggunakan emas:
(Note: Hanya untuk sekedar tahu saja, karena ini bukan merupakan cara yang efektif. Dalam artian, jika tidak hitam bukan berarti tidak mengandung merkuri, belum lagi bahan berbahaya lainnya selain merkuri, seperti kortikosteroid misalnya)

Pertama ; Taburkan / oleskan produk di telapak tangan dengan tebal (rada banyak)
Kedua ; Ambil emas (cincin, gelang, kalung ato apa aja pokoknya yang mengandung emas) gosok – gosok di telapak tangan yang sudah di taburi bedak tadi.
Ketiga ; Tunggu kira2 1 menit. Lihat perubahan warna pada telapak tangan. Kalau telapak tangan berubah menjadi item ato abu2, berarti produknya mengandung mercury. Dan semakin banyak kandungan mercury di dalamnya maka semakin hitam pula hasil gosokannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !!!

Cara ini aku dapatkan dari tes produk bermerkuri. Sebenarnya ada kontroversi untuk isu tes emas ini (lengkapnya bisa dibaca disini), namun karena ibuku yang orang departemen kesehatan membenarkan adanya cara ini, setidaknya cara ini dapat menjadi pertimbangan kita dalam mengumpulkan informasi. Perlu digarisbawahi pula sumber dari kedua blog tersebut tidak tertulis, sehingga kebenarannya belum dapat dipertanggungjawabkan.

Dari cara diatas yang seharusnya untuk bedak, aku mencobanya untuk krim. Aku meminjam cincin emas temanku lalu mengosokkannya pada krim walet yang aku oleskan pada tanganku. Tidak ada perubahan pada tanganku karena aku lupa harus tunggu 1-2 menit!

Kemudian aku mencoba menggosokkan cincin emasnya pada krim Walet yang aku olesi ditanganku juga, namun tidak ada perubahan menghitam atau abu pada tanganku. Tetapi beberapa menit kemudian temanku berkomentar, "Cincinku kok kayak pudar?!". Aku pun kaget dan langsung melihat cincinnya. Benar saja! warnanya seperti memudar. Tampak ada warna keabuan ditempat aku gosokkan, bukan emas lagi. Mungkin itu tanda jika ada merkuri pada krim, entah yang krim Walet 2 in 1 atau krim PL. hiiy! Aku pun meminta maaf dan tidak berani mengetes ulang karena telah memudarkan cincin emas temanku.
Kabar baik! Setelah 2 minggu, cincin emas temanku sudah seperti biasa. Tidak pudar lagi, hahah! Mungkin itu efek tertempel merkuri pada badan cincin. Sampai sekarang aku masih takut untuk meminjamnya dan mengetes ulang.

Kesimpulannya kedua krim ini tidak jelas, mulai dari kandungan, perusahaan, hingga nomor BPOM lokal maupun registrasi sejenis BPOM, atau GMP dari luar negri.

Lebih lanjut tentang krim racikan dokter yang dijual online, bisa jadi kebanyakan adalah krim kiloan seperti yang aku baca di krimwaletbahaya.wordpress.com, dimana bentuk krim kiloan bermerkuri itu adalah krim paginya berwarna kuning dan krim malamnya berwarna putih. Tapi perlu diketahui, blog tadi tidak aku sarankan untuk menjadi acuan untuk tau krim-krim berbahaya, karena tidak menggunakan bukti konkrit bahwa nama-nama paket krim yang ada pada tulisan-tulisannya sudah terbukti berbahaya dan merupakan krim kiloan. Blog tersebut hanya sebagai bahan pertimbangan dan untuk membuka pikiran. Ini gambar krim kiloan yang aku temukan di google:


krim walet kiloan. krim PL teksturnya mirip dengan krim pagi sebelah kanan.

Yang miris dari krim kiloan yang tidak jelas pembuatnya ini, barang ini banyak di iklankan di iklan baris online. Seperti disini misalnya, iklan krim kiloan (yang ternyata sudah tidak bisa diakses lagi), dengan kata-kata yang menggiurkan penjual, "COCOK UNTUK ANDA YG INGIN PUNYA MEREK SENDIRI DENGAN MODAL KECIL", krim ini mungkin sekali menjadi "Krim Racikan Dokter" versi penjual-penjual kosmetik online.

Aku memang tidak tau dan tidak bisa menge-judge semua bahwa krim-krim online itu berbahaya. Krim dokter yang dijual online sendiri ternyata memang nyatanya banyak yang tidak aman seperti krim Baby Pink Syahrini yang pernah diulas di Investigasi, campuran dari mentega dan merkuri yang takarannya semena-mena, pastinya lebih dari 2%! 2% saja sekarang sudah dibilang berbahaya oleh BPOM, apalagi lebih dari itu. Paket Baby Pink Syahrini tadi dijual di Tokopedia.com dengan harga termurah Rp 16.000! Paketnya terdiri dari sabun, krim pagi & malam, serta toner. Bisa kebayang komposisi berbahayanya? Sekarang keluar merek baru namanya krim Ayu Ting-ting. Belum menyerah, merknya yang diubek-ubek.
Jika kamu jeli, di Tokopedia.com terdapat paket krim Adha (ternyata krim ini dicek di notifikasi kosmetik online BPOM tidak teregistrasi) yang dijual dengan judul "KW" dan "KW SUPER".  Kalau tas ada "KW", ya tidak masalah karena itu benda mati, untuk gaya-gayaan saja. Ini untuk wajah, kulit tersayang! Bahkan tubuh yang jadi pertaruhannya dimasa depan! Kok ya ada kata-kata KW? Entah bahannya aman atau tidak, siapa yang menjamin?

Namun, cara-cara penting untuk menambah informasi tentang kejelasan dan keamanan produk adalah sebagai berikut:

1. Jika produk belum dibeli, mintalah nomor BPOMnya. Jika penjual memberikan nomor BPOM, cek keasliannya di pom.go.id atau yang paling mudah di notifikasi kosmetik pom. Cara ini paling berguna jika ingin membeli krim dokter dari online. Jika nomor atau nama produk tidak ditemukan, nomor BPOM tersebut palsu dan barangnya tidak direkomendasi untuk dikonsumsi.
Untuk produk lokal dipasaran: banyak yang beranggapan walau sudah ada nomor BPOM, produk tidak terjamin bebas merkuri. Pikiran ini salah, karena produk bermerkuri tidak akan mendapat nomor BPOM. Jika ada pun, kemungkinannya  kecil sekali akan produk yang anda beli itu tidak asli atau isinya telah dicampur merkuri oleh penjual nakal. Maka itu untuk menghindari, belilah di supermarket besar yang tidak mungkin menjual barang palsu. Tetapi untuk produk dokter online: walau sudah ada nomor BPOM, tetap saja keaslian produk susah dilihat seperti kasus Adha krim diatas. Untuk menghindari, lebih baik jangan beli online, langsung saja ke dokter kulit! xD

2. Jika produk telah dibeli, cobalah uji merkuri menggunakan tes dengan cincin emas diatas. Jika menggunakan krim, hasil dapat dilihat di cincin tersebut, apakah berubah menjadi seperti pudar, keabuan, atau hitam? Jika menggunakan bedak, hasil dapat dilihat pada tangan anda. Namun kita tidak dapat melihat kadar merkuri ini dari cara seperti ini. Hanya saja jika kadar merkurinya terlalu banyak, terlihat sangat gelap bahkan kehitaman. Namun sekali lagi, cara ini belum merupakan cara yang valid dan hanya untuk berjaga-jaga saja akan produk tidak jelas yang dibeli, karena ada merkuri pun warna emas tidak langsung hitam juga.

3. Jika produknya adalah import, korea, USA atau lainnya, PASTI ada reviewnya dari blog atau website luar negri. Karena jika produk import sudah sampai ke negara ketiga (negara berkembang) seperti indonesia, pasti negara-negara seperti eropa, dan asia lainnya telah dilalui, mereka akan lebih terkenal di luar negri. Jika benar ada, berarti memang produk seperti itu ada diluar negri. Hanya saja tidak semua penjual mengetahui semacam nomor BPOM luar negri, seperti GMP atau FDAnya, dan tidak semua penjual itu niatnya memang jual baik-baik. Masih banyak suplier nakal sehingga kita harus tau toko online tersebut benar-benar baik reputasinya.

4. Sebenarnya cara yang ini tidak begitu diperlukan, dengan catatan produk dokter kulit yang didatangi lansung (bukan dokter umum pada klinik kecantikan biasa), karena produk dokter kulit asli sebenarnya sudah aman, jadi tidak perlu dicek karena ada ijin praktek dan mempunyai ijin-ijin lainnya yang diatur hukum. Namun jika tetap ingin tahu tentang keamanannya, bisa saja minta nomor BPOMnya. Kadang pun ada yang belum punya nomor BPOM, mungkin karena mahal (aku lupa untuk satu produk yang didaftarkan di BPOM itu tepatnya berapa, mungkin sekitar 1-3 juta), itu pun tidak perlu terlalu khawatir, karena setiap produk yang dokter berikan itu saran dari dokter sendiri tergantung keluhan wajahmu. Dan jika ada efek purging (timbul jerawat pada awal pemakaian dengan jangka waktu 1-3 bulan) itu wajar tergantung kondisi wajahmu. Selalu konsultasi ke dokter untuk mengeluhkan setiap efek menakutkan yang terjadi pada wajahmu. At least this is waaay better  dibanding produk dokter 'online'. Segala sesuatunya bisa langsung kamu komplain ke dokter dan minta tanggung jawab dokter jika terjadi hal buruk.

5. Adalagi cara yang paling aman dan paling niat untuk melakukan tes merkuri, HQ, maupun steroid. Cara ini baru aku dapatkan dari forum Female Daily beberapa waktu yang lalu. Namun cara ini memang memerlukan biaya. Tapi cara ini bisa aja digunakan jika kamu terlalu cocok dengan suatu perawatan dan ingin terus-terusan setia tetapi produk yang digunakan tidak jelas, maka cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan tes di kampus fakultas kedokteran terdekat. Untuk harga tes, yang jelas tiap kampus berbeda, tetapi biasanya tiap 1 kandungan yang berbeda harga tesnya 150rb keatas. Lumayan worth untuk produk kesayangan yang ingin dipertahankan. Lebih jelas hasilnya, kalau ternyata hasilnya tidak baik penggunaan dapat dihentikan sebelum digunakan jangka panjang.

6. Sebagai tambahan, aku menemukan artikel ciri-ciri krim pemutih yang berbahaya, dan kumpulan artikel penting pada postingan Referensi Bermanfaat: Stop Produk Kosmetik Abal-Abal Pleaaaase!!. Silakan dibaca untuk menambah masukan :)

Pada akhirnya, kembali lagi ke kejelasan produk. Jika dari cara-cara diatas tidak dapat memenuhi informasi yang dibutuhkan, ada baiknya tinggalkan produk tersebut dan carilah produk perawatan yang lebih jelas sebelum kita menjadi korban berikutnya :)

198 comments:

  1. HuaAaaaa....saya juga pernah pakai dengan nama krim tersebut warna nya juga sama,

    ReplyDelete
    Replies
    1. beware ya dear, thanks sudah mampir :)

      Delete
  2. saya barusan nanya nomer BPOM cream Baby PINk di twitter sama "ReyaShopBC"
    eh.. bukannya ji jawab.. twitter ku di block dan malah bikin status "gak menjawab pertanyaan yang mesti di jawab, semua sudah rules"
    ya ampyuuunnn begini kan tindakan penjual kosmetik yang kayannya TRUSTED SUPPLIER.
    kenapa harus nge block kalo memang baby pink nya punya nomer BPOM

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bales sis, aku baru cek blog :)
      baby pink ato syahrini memang berbahaya say, itu krim kiloain, di investigasi uda pernah dibahas. sekarang keluar lagi versi barunya, namanya krim ayu ting-ting, hahaha. beware yah say ;)

      Delete
  3. Saya juga nyoba pake krim yang sama dan nyoba nge-tes pake emas seperti yang ditulis diatas, ternyata kalo ditaruh di telapak tangan, walaupun sedikit, yang day-cream langsung menghitam ketika digosok dengan cincin emas, sedangkan yang lainnya tidak. Masukan yang bener-bener berguna bagi kita yang ingin jadi smart buyer dan mau beli kosmetik yang aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sis, thanks sudah mampir :)

      Delete
  4. Sangat berterima kasih dengan informasinya,, ^_^ very usefull

    aku udah nyoba tes ini dgn krim dipakai ama tanteku dan trnyata setelah aku gosok cincin ke tanganku yg udah diolesin krim tadi, tanganku lgsg jadi itam trus waktu aku lap bekasnya pakai tissue jd makin jelas warna itamnya td nempel di tissue. Warnanya sama kyk abis ngelap pensil 2B... Ihh jd sereeeemmm...

    Aku punya 1 lg nih produk yg lg dlm masa uji kelayakan hehehe... Namanya cream CR, ada yg prnah denger gak?? Sbnrx udah aku tes pakai emas dan hasilx alhamdulillah gak brubah jd item. Tp krn sangat banyaknya produk berbahaya yg beredar aku msh blm brani nih make cream ini. Ada tes lain gak untuk ngebuktiin cream itu ada merkuri atau gak?? Soalx cream CR ini ketika di oles dkulit nampak bling2 gituu, berkilau-kilau...

    Kalau ada yg tau mhn bantuannya yah tmn2... Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, maaf baru reply, aku baru cek blog, hehe..
      kemungkinan si klo ga berubah hitam ga ada merkurinya.
      ada sih say 1 lagi cara tes bermerkuri atau ngga, ke apotik minta tes merkuri, tp harga tesnya bisa2 lebih mahal dari harga krimnya, hehe..
      klo cream CR itu dr dokter kulit masih termasuk aman say, krn klo kulitnya knp2 selain bisa konsul, bisa minta tanggung jawab dokternya juga hehe

      Delete
    2. Halo sis, Klo bole tahu dokter kulit dri Cream CR itu dimana ? Saya lagi penasaran bnget sama Cream ini.. Lagian nih Cream hanya pake MUI nama nya LPPOM bukan BPOM..

      Delete
    3. samaaaaaaaa gw fg kmren beli CR,800 rebu!gila!hari 1 gada papa,hr ke 2 mpe k 4 jerawat nyerang serombongan parah bgt!bernanah pula!tp ada yg bilang tu detox...kl d terusin malah jd bagus...tp gw ga brani,ngeri lietny T^T
      mohon pencerahan tu CR aman ga?n dokterny d mana?ko gw liet ada CR yg hargany cm 150,200-300?o.o
      thanks b4

      Delete
    4. wah maaf baru bales, komen ini ga keliatan, uda ketimpa. dulu aku bilang maksudnya kalo krim CR ini dari dokter kulit ya masih aman, krn kalo kenapa2 bisa konsul, nah kalo bukan ya berarti krim abal2. jadi bukannya aku tau kalo krim CR itu krim dokter, tapi aku memberikan jawaban buat penanya sebelumnya :)

      ada baiknya baca2 postingan ini juga:
      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/referensi-bermanfaat-stop-produk.html

      Delete
  5. Ckckckck
    Q juga pernah kena tipu...
    Lotion anion blue ntuh ternyata banyak bgt merkuriny
    Dioles ditangan langsung digosok pke cincin emas hasinya hitam bgt...
    Brrrr
    Produk2 yg menjanjikan hasil instan itu mmg patut diwaspadai.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, sory baru reply, baru buka blog lagi hehe.
      klo produk2 luar itu mesti hati2 banget, banyak dipalsuin soalnya.
      tau dodora lip? itu juga banyak dipalsuin, yang di ingredientsnya ada tulisan collager itu palsu, harga di tokopedia.com cuma 15rb an, sedangkan ada seller yang ngaku jual asli tulisan di ingredientsnya collagen.
      anion juga banyak yang palsu, kalo ga salah yang asli yg tutupnya kotak, bukan bulat. haduh ngeri deh.

      utk produk luar yg mesti diwaspadai sellernya sih say, biasanya klo 1 seller udah diusut dia jual barang ori, barang2 lain yg dia jual juga ori :)

      Delete
    2. q jg pake anion , udh q cb tes pk cara diatas.. tpi gag berubah jd htam tuh..... mungkin pnyamu palsu,
      oiya, anion q tutupna bulat kok gag kotak....

      Delete
    3. setelah aku telaah lebih jauh, anion termasuk skincare abal dear. cek di google dengan judul "kosmetik palsu", banyak banget kosmetik palsu yang ngaku import dengan deskripsi tulisan jepang, china, korea tapi kandungannya berbahaya. tidak terdapat GMP atau FDA. baca disini juga untuk membuka pikiran, deonard saja juga termasuk kosmetik abal: http://lampung.tribunnews.com/2013/03/04/ini-akibat-kalau-pakai-kosmetik-murah

      Delete
  6. Temen gw tuh suka bgt beli cream bgituan. Dan harganya ? 300 ribu ! Katanya dari dokter di jawa. Dy jg saranin gw make tp gw blg ga brani soalnya qta ga tw bahannya apa, eh dia mlah nyindir gw ngatain muka gw bintik2 sama item. Bodo ah, gw sneng pke bedak bayi doank. Malah skrg dy yg mukanya jrawatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus dear kalau belum kena cream beginian, lanjutin aja pakai bedak bayi. tetep beware sama sekitar ya, thanks sudah mampir :)

      Delete
    2. tapi kalo udah 17 taon keatas,sebaiknya jangan menggunakan bedak bayi :) formulanya udah kurang (aktivitas kita udah bejibun soalnya),krn bedak bayi cuman mengandung talc dan parfum...pake marcks aja sist,aman... *bkn promosi :p

      Delete
  7. SHANTYAULIA60@YAHOO.COMAugust 28, 2012 at 8:20 PM

    HATI-HATI INI BLOG PENIPU,UANG KITA TRANSFER BANYAK TIDAK DI KIRIM!!!WASPADA

    ReplyDelete
    Replies
    1. hah? nipu gimana? jualan juga ngga, hati2 kalo bicara :)
      jangan2 ini penjual yang kalap krn dagangannya salah 1 barang diatas
      hahaha

      Delete
    2. LUCU,, gak ada yg jualan kok dibilang penipu.. ini mah membantu kita biar bisa lebih tau n hati2 produk berbahaya, LUCU dehhhh :D :D :D LOL

      Delete
  8. KALO YANG FLUOCINONIDE CREAM ITU AKU BELI DITOKO CUMA 2RIBUAN SIST....JELAS2 PENIPUAN TINGKAT TINGGI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks for your concern dear, memang harganya dari awal sudah tidak meyakinkan jadi mesti beware :)

      Delete
  9. baru aja transfer buat beli walet 2 in 1!!! aaakkkkk!!! #nyesel

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks sudah mampir dear, beware yah sampai sekarang krim walet masih masuk kategori krim gajebo juga di female daily :)

      Delete
  10. kalo krim biosoft gemana sis,kalau sabun nya ada bpom nya tapi kalau kri nya gak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, gatau si say kalo biosoft, tapi biasanya kalo salah satu dari produknya uda terbukti ada POM, besok2 mereka usahain semua produknya masuk POM :)

      Delete
  11. aq malah g pernah beli krim2 gtu,,atuttt,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar dear, takut membuat kita lebih waspada :)

      Delete
  12. berarti wallet cream bahaya dong?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, penjelasanku diatas hanya utk membuka pikiran yah, tidak utk menjudge semua produk walet tidak aman :)
      krim walet yang aku pernah gunakan diatas juga aku campur dengan krim PL saat tes produk bermerkuri dengan cincin emas, jadi aku gatau yang mana dari kedua itu yang bermerkuri. tapi mau pinjem cincin emas temen lagi takut, hahah. nanti aja kali ya klo udah merit sendiri, xD

      Delete
  13. klo serum magic korea itu bagus ga ya?
    gmn cara ngetes buat mengetahui itu berbahaya atau gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditanya dulu dear ke sellernya, ada bpomnya atau ngga? kalau ada bisa dicek ke pom.go.id seperti yang dijelaskan diatas :)

      Delete
    2. Sekedar info nih, temennya tante ku ada yang make serum korea ini, pas 5 hari pemakaian kulit wajahnya emg bagus. Tapi dia jadi sering sakit kepala bahkan sampe pingsan. Akhirnya dia stop pake serum korea itu

      Delete
    3. iya dear, aku dulu sudah sempet2 baca blog orang serum magic korea itu tulisan deskripsinya aja mandarin, cuma ada tulisan korea didepan jadi orang percaya itu dari korea. meragukan banget kayak produk abal2 cina yang ga jelas pabriknya, mending yang pasti2 aja deh :)

      Delete
  14. wah nice info dear :) makasih
    trus kalo mau beli Egyptian Magic Cream atau Elicina Snail Cream itu dimana ya?apa ada di toko kecantikan resmi kaya guardian dan sejenisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. egyptian magic cream itu produk USA dear, udah masuk FDA (sejenis bpomnya USA). ada di website resminya, kalo aku si kurang percaya beli yang di indonesia, karena si produk sendiri udah sering diisi dengan krim palsu dear. cek aja di web resminya http://www.egyptianmagic.com/ lebih murah juga beli disitu :)
      elicina snail cream itu krim dari chilli say, masi banyak ditemui di seller sini dan aku belum pernah denger ada yang palsuin, krn emang ngga pasaran banget produknya. kedua produk ini belum masuk resmi di indonesia :)

      Delete
    2. hai sis..

      aku beli elicina snail cream di Apotik Melawai... untuk harganya
      40 gr elicina plus (+ pelembab) 380rb
      20 gr elicina plus (+ pelembab) pocket 215rb
      40 gr elicina 350rb
      20 gr elicina 195rb

      Salam,
      Dwi

      Delete
    3. hai mbak dwi, makasi yah share infonya :)

      Delete
  15. jualan pearlcream niye :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ada seller sirik lagi rupanya, jelas2 saya ngga jualan :)

      Delete
    2. Abaikan saja para seller2 resek itu Mbak Dty ;p

      Delete
    3. thanks for your support dear :)

      Delete
  16. aku pake cream egyptian magic crean dan beauty magic cream, itu duet cream yg bagus say.
    sbelum beli, aku udah searching kemana2, jadi aku yakin buat beli, pas dicoba hasilnya bagus, muka jadi kenyal dan sehat,
    karna ini produk aman, jadi gak menjanjikan kulit putih instant, tapi yg jelas wajah jadi berasa sehat
    hayooo....milih kulit putih apa kulit sehat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks untuk sharenya dear :)
      namun tentang beauty magic cream ternyata masih belum jelas. sebagai bacaan bisa dibaca di postingan ini:
      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/04/multifunction-cream-sebagai-skincare.html
      hanya untuk membuka pikiran saja, semoga bermanfaat :)

      Delete
    2. saya juga pake emc dan bmc , emg hasilnya alhamdulillah bagus. untuk bmc emg msh blm jelas si krn ga ada ket komposisinya , tpi ada kok seller terpecaya yang sudah bnr2 menguji test labnya. kalo udah brni uji kaya begitu, rasanya udah agak legaan hhe

      Delete
    3. hi dear, kalau emc memang aman karena pabriknya jelas, ada website resmi USnya juga. tentang bmc aja; iya ada tes labnya, kalo tes lab merkuri & hydroquinon yang kamu maksud berarti seller yang kita tau pasti sama :)
      namun bahan-bahan kandungan lain belum jelas, krn bahan berbahaya lainnya bukan merkuri & HQ aja, tapi ada juga kortikosteroid yang justru anti-inflamasi, jadi ga bakal nongol itu jerawat, tapi efeknya moonface, facial hair jadi banyak, spidervein, plus belum lagi efek samping kesehatan tubuh.
      nah yang ini kalau diforum femaledaily ada konsumen yang tes lab ternyata hasilnya positif mengandung kortikosteroid padahal dari seller yang uji lab merkuri & HQ tadi. yah kalau sudah begini semuanya memang harus hati2, toh memang si bmc dalam kategori produk abal-abal dear :)

      Delete
    4. IYA YA.. aku juga beli EMC barcode hitam, BMC nya ini aku jg beli, pngen gitu ngetes di lab, bayar berapa ya..??? aku nyaman bgt pake EMC.. emg g putih, n g instan tapi wjah bersih gak kusam, n aku beli jg yg udah dibandingin dgn EMC" palsu yg oplosan,, cz dlu aku jg prnh pake produk2 sperti qianyan,tp stelah tw takut n g aku terusin, tulljye, ligzhi hny skali kliatan bgt pnas, g ku pake lagi. skrg EMC cocok bgt.

      Delete
  17. Untung semalam gak tergiur beli cream walet, ada yang jual 35 ribu 1 paket. :-) tapi mikir2 berkali2 buat beli nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sis, beware yah sekarang banyak banget kosmetik ga jelas :)

      Delete
  18. aljuffrie@yahoo.comJanuary 23, 2013 at 7:58 AM

    Info yg bener2 bermanfaat...lgsg aku coba di krim aku. Alhamdulillaaaah gk ada perubahan warna saaama sekali...TOP BGT dah (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sis, thanks sudah mampir :)

      Delete
  19. kalo cream wallet 2in1 mercury gak ya ?? masih bingungg

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang telah dijelaskan diatas sis, tanpa pom dan tes merkuri, HQ & steroid ujung2nya ini masuk dalam salah satu krim gajebo :)

      Delete
  20. Aku juga pake wallet sihlumayan lama.pertama kali pake walet yg biasa harga 200 abis itu aku beli yg 2 in 1 tapi yg 2 in 1 ini kayaknya emang bahaya deh soalnya bau gitu,aku buang aja creamnya,sekarang pake dari dokter alhamdulilah gbelum ada efek yg aneh.thanks infonya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sis, thanks sudah mampir :)

      Delete
  21. Hai sis, aku mau tanya cream cr belinya dmn yah ? Soalnya ada di instagram jualnya ko muahal2 bgt yah. Katanya sih ada bpom dan label halal nya. Thx :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah gatau klo CR dear, mending tanya aja ke sellernya kalau ada bpom apa nomornya trus dicek ke website pom deh :)

      Delete
  22. wehehe,parah degh aku dah beli 2x produk yg bungkusnya mirip diatas...walet 2 in 1... harganya 100.000. tapi syukurnya kulitku cocok jadi bersih dan putihan/ sama dg kulit yg tertutup (leher)... semoga ngga masalah kedepannya.... tapi takuttt abis ini ngga mau beli lagi... mending pake ponds atau olay deh.... tks infonya...

    #gue dibooongiiiiiinnn harga murah jd 100.000 aw aw aw....

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma mau kasih info, trnyata ponds ama olay juga berbahaya, jd mkn bggung kan mw pake apa? :( coba di cek aja update kosmetik yang berbahaya dari salah satu link fb dokter yg saya search di google https://www.facebook.com/pages/Sehat-dan-cantik-bersama-Dr-Andini/218932461461547

      Delete
    2. ponds dan olay itu bukannya berbahaya, cuma ada tiruannya yang bikin produk jenis lain. misalnya ponds jenis Pond’s Detox Complete Beauty Care Eye Shadow Two Way Cake, unilever tidak pernah mengeluarkan produk ponds versi itu, jadi mesti cek baik2 apakah ponds asli ada yang jenis seperti itu atau tidak.

      dan untuk claim tentang berita produk berbahaya seperti itu harusnya dari website/link berita resmi atau sumber lainnya yang mempunyai referensi link berita resmi tersebut. jangan dari blog atau facebook orang yang tidak bersumber kebenarannya, karena mungkin saja (ingat, mungkin saja) penyebar berita punya tujuan lain sehingga dia menambah-nambahkan atau mengurangi isi berita :)

      Delete
  23. aku pake A DHa jerawat aku sekarang banyak banget . .
    dulu emang muka aku berjerawat tp gak banyak . .
    pertama pake krim itu jerawat aku hampir ilang. .
    ehh, pas minggu ke 2 jerawat makin banyak. . T__T

    dan sekarang aku udah berhenti pake krim itu, dan rencanya mau pake krim walet . .
    lihat info ini jd takut dehh . .

    #untung aku blm beli tuh krim . . :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. senasib sama adik ipar dan temen gue sist jadi bintik2 merah kayak baing keringet banyak banget dan bernanah X___X, lebih parah temen gue itu bekasnya sangat susah ilangnya... bintik2 item gitu

      Delete
    2. mending jangan diterusin dear, menurut dokter kulit yang aku temui krim putih kuning yang banyak dipasaran itu semuanya sama aja isinya merkuri HQ sama pewarna berbahaya doang.

      coba baca postingan berikut:
      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/serba-serbi-dokter-kulit.html

      semoga membantu :)

      Delete
  24. Sis aku pakai A-dha BPOM tapi muka ku merah2 dikit gini apa ada merkurynya ya sis?
    padahal ada BPOMnya kene tipuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia kalo a-dha ini tahapnya curiga2an, karena spt yg aku bilang dipost atas say, banyak seller yg bikin KWnya. tentang merah2 dikit itu juga ga langsung bisa dikatakan merkury say, kondisi kulit individu dan keamanan produk harus diperhatikan :)

      Delete
  25. sekedar melihat balik, tetangga saya memakai produk yang bpom dan telah teruji di dermatology. nah hasil nya merah2 dan gatal2. apakah itu termasuk mercury?
    dan menurt saya. krim itu cocok2an..
    terkadang krim yang bermerkuri itu perlu utk menghilangkan flek akibat sinar matahari dengan catatan penggunaannya jangan diteruskan apabila wajah sudah kembali normal.dan jangan diteruskan apabila wajah beriritasi..

    sekedar info

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan begitu, merkury & HQ memang boleh digunakan untuk wajah tapi dalam batas aman yaitu 2%. jika sudah lewat pom, maka ada jaminan produk tersebut aman (lah mau lari kemana lagi konsumen indonesia kalau bukan ke pom?) merah2 atau gatal2 bisa saja karena purging, bisa dibaca baik2 pada posting diatas. purging itu bukan karena produknya yang lantas tidak aman, namun gejala seperti ini individual sekali, kosmetik yang walaupun sudah ada pomnya bisa saja membuat seseorang purging karena kondisi kulit orang tersebut. contoh, teman saya purging (keluar jerawatan parah) karena memakai Hada Labo keluaran Rohto Indonesia, purging yang dialami sekitar 2 bulan, bulan berikutnya wajahnya udah cling2 dan efek produk sudah dapat dirasakan. produknya sih aman sudah masuk pom, tentunya kulitnya yang bermasalah. jadi sebagai konsumen, tetap saja kita mesti berada dalam perlindungan pom :)

      Delete
  26. sist mau tanya, kalo azelaic acid & melasma solution / fleksol itu aman di pakai gak sist buat menghilangkan bekas jerawat yg bandel? butuh infonya sist hehe makasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalau untuk ingredients seperti itu bukan kapasitasku untuk menjawab :) sis bisa cari2 info atau ikut diskusi di forum female daily aja www.femaledaily.com, banyak sepuh2 yang ngerti tentang ingredients kosmetik seperti itu ;)

      Delete
  27. aku pakai wallet udah setahunan deh.. wajah jadi halus, mulus, jerawatku yang parah banget hilang pokoknya engga ada lagi deh, pipi juga jadi pink pink blush gitu, seneng bangeeet! tapi rambutku akhir akhir ini jadi rontok banget sering pusing, sama rahangku jadi sakit, terus jadi sering mual, sama pernah ada jendolan dibawah telinga kanan.. Sayang banget krim se-ampuh itu bahaya, terus susah cari gantinya :( Mudah mudahan itu bukan efek yang bahayain dir aku deh :(( sekarang ogah deh pake pake gituan, aku masih mau punya baby nanti pas aku married :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear, kalau sampai ada efek samping seperti itu lebih baik konsultasikan ke dokter kulit deh :)
      efek samping pemakaian lama kosmetik abal-abal menggunakan kimia berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit kanker dan komplikasi lainnya sampai pada kematian.

      Delete
    2. saya juga pernah ngalamin mirip kaya begini,pusing dan kaya sakit gigi. waktu masih suka coba2 aku pake tabita yg kuning putih itu, kaya walet warna creamnya.

      Delete
    3. tabitha berbahaya dear, sudah masuk berita! mohon dibaca direferensi pada postingan berikut:

      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/referensi-bermanfaat-stop-produk.html

      semoga bisa bermanfaat :)

      Delete
  28. Aku sama adekku pake krim wallet juga sis. Adekku jerawatnya banyak abis 1 paket trus bersih. Abis itu udah gak pake lagi gak papa sis gak ada ketergantungan sama sekali. Temen2ku juga pada cocok semua. Aku coba di cincin juga gak pudar sis warna cincin emasnya.Aku gak pake campuran ini waletnya. Trus menurutku sih gak instan banget sih putih dan bersihnya kalo pake walet itu. Ada prosesnya kok kira2 abis 1 paket gitu deh. Krim walet yang aku beli ada hologramnya.Punya sista ada hologramnya gak?Kalo aku sih pokoknya kalo jerawat udah ilang, udah gak pake lagi aja biar aman.. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. harganya yg berapaan sist..?
      boleh liat sumbernya..

      soalnya aku td baru mau beli..tp belum transfer

      please.

      Delete
    2. ada hologramnya dear, be aware aja yah sekarang produk walet yang berbentuk cream wajah belum ada registrasi BPOM semua seperti diupdate postingan ini :)

      Delete
    3. belinya dmn sis?hrganya brp?

      Delete
    4. sudah aku tulis dipostingan ini dear. dulu beli di tokopedia, harganya cuma 40rb. tapi ternyata banyak yang jual cuma 15rb :O

      Delete
  29. Abis baca blog ini,aq langsung tes krim wallet yg aq beli seharga 200rb,berhologram,aq coba di oleskan ke cincin,dan tangan,aq tunggu hampir sekitar 5menit,tangan ataupun cicin tidak berubah warna,dan saat pemakaiannya pun kulit aq ga ngelupas,ga kemerahan,gatal,ataupun iritasi lainnya,apa itu tandanya krim wallet yg aq pake aman yah sis,jd bingung,soalnya aq udh ke klinik e**a ,l** dan l*a,ga pernah sembuh tuh ngatasin jerawat aq,setelah pakai produk ini 2bulananlah,hasilnya bagus,cuman lama kelamaan ko ya timbul lagi jerawatnya,tolong dijawab ya sis,aman apa ga yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pertanyaan tersebut, bukan kapabilitasku untuk menjawab dear :)
      dapat dibaca lagi posting ini yang sudah diperbaharui lagi bahwa semua produk berbahan walet yang legal tidak ada krim wajah, artinya krim walet manapun masih terkategori krim gajebo yang kita tidak tau isi kandungannya, jadi harus diwaspadai :)

      Delete
  30. dulu saya perawatan salon trus jerawatan pake krim melilea jrawat berkurang tapi ga ilang. ganti pake punya Klink malah jrawatan trus pake krim sari lumayan kurang . wajah lebih cerah. ada no POM yang dicek kebenarannya. stelah paket ketiga ,muncul jrawat kecil2 . selain itu krim sari jarang banget yang jual. saya beli 3 paket dari penjual bebeda. ada teman2 yang tahu info ttg krim sari ini kaya apa yaks?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini umum sekali yah namanya, sehingga bisa saja produsen lain mengaku-ngaku krim yang dijualnya bermerek sari juga. aku coba jawab ya, kalo yang kamu maksud krim dgn logo spt pada website ini:
      http://www.saricosmetics.com/

      itu aman karena produknya ada pada database kosmetik BPOM:
      http://www.pom.go.id/webreg/index.php/home/produk/all/row/10/page/0/order/4/DESC/search/0/NA18120100072

      karena nama perusahaan yang ada pada website pertama, yaitu PT. STAR ABADI RATU INDONESIA, sama seperti nama yang tertera pada website database kosmetik BPOM. tapi apakah no BPOMnya seperti yang tertera pada database tersebut? kalo masi berhubungan dengan penjualnya coba tanyakan lagi nomor BPOMnya dan share disini :)

      Delete
    2. Daily Cream POM NA 18120100072
      Night Cream POM NA 18120100291
      Whitening Soap POM NA 18121201627
      saya juga pakai plus saya jual,walau hsilnya ga scepat cream2 lain yg psti aman krna produksinya jelas sudah brbadan POM :)

      Delete
    3. Ini aku baru mau beli cream SARI.. Dan sebelum aku ngasal beli, aku selalu ngumpulin info - info sebanyak kmungkin ^^
      menurut info yg aku dapatkan, cream SARI sudah terdaftar di BPOM. Namun ada oknum - oknum yang memalsukan cream SARI. Jadi harus WASPADA !! :)
      Kalau mau beli cream SARI yang asli, mending langsung aja kunjungi web aslinya sariskincareoriginal.com
      Jangan percaya sama web - web yg menawarkan cream SARI..

      Delete
  31. Ak pake adha kmasan lama cocok bgt, muka jd ceraah..
    Nah stlh tau adha paket yg ud BPOM ak coba deehh.. Eeehh tp ak g cocok,, mukaq jd brminyak n trlihat kusam.. Aduuhh gmn nii.. Apa hrs balik lg k adha yg kmsan lama? Hikshiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. dapat dibaca lagi posting ini yang sudah diperbaharui lagi bahwa semua produk berbahan walet yang legal tidak ada krim wajah, termasuk krim adha setelah dicek di notifikasi online BPOM tidak terdaftar, artinya krim walet manapun masih terkategori krim gajebo yang kita tidak tau isi kandungannya, jadi harus diwaspadai :)

      Delete
  32. Saya dulu pernah pake krim 'DOKTER pemutih special' kulit saya jadi bagus, tpi saya tidak teruskan karna jarang yg jual. Setelah sekitar 1tahun di wajah saya muncul bintik-bintik abu, saya biarkan karna tidak terlalu terlihat, setelah 2mingguan wajah saya jadi sangat kusam kulit saya jadi abu-abu. Saya memutuskan ke dokter, kata dokter. kulit saya mengandung banyak merkuri. Saya menjalani operasi yang biayanya sangat mahal. Setelah pengalaman itu saya tidak pernah memakai produk apapun, hanya minum air jeruk nipis, dan membuat masker dari buah dan sayuran. Sekarang saya lebih menyukuri warna kulit saya apa adanya. #hikmah

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks sudah share dear :)
      kalau boleh tau, jenis operasinya apa dan harganya berapa ya? agar dapat ditambahkan diposting ini sebagai pencerahan dan solusi untuk yang sudah menjadi korban kosmetik :)

      Delete
  33. Sist kalo cream yashodara mengandung mercuri gk ya? sekarang banyak iklannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk kandungan, jelas bukan kapabilitasku untuk men-judge suatu produk. isi kandungan lebih pastinya harus dites merkuri di instansi tertentu. sebagai konsumen ada baiknya mencari dengan teliti untuk jadi pertimbangan sebelum membeli :)

      yang bisa aku lakukan disini cuma mencari pemberitaan negatif/positif diwebsite berita resmi, tentang krim ini belum ada berita sama sekali. namun jika sudah lewat pom, maka ada jaminan produk tersebut aman. kalau yg aku cek dari nomor BPOM yang diberikan seller terbukti ada di website BPOM night cream & day creamnya:
      http://pom.go.id/webreg/index.php/home/produk/all/row/10/page/1/order/4/DESC/search/0/18110101042
      http://pom.go.id/webreg/index.php/home/produk/all/row/10/page/1/order/4/DESC/search/0/18111900128
      tapi tetap harus ditanya dengan teliti pada sellernya, apakah krimnya seperti krim dokter yang ketergantungan, ada pengelupasan atau tidak, ada efek samping atau tidak. agar kalau nantinya terjadi apa2 tidak asal mencap suatu produk berbahaya ya :)

      Delete
  34. klo yang mau cream pemutih yang aman cobain cream sari sis.. udah ada bpom bisa di cek kok nih aku kasi no bpom nya Daily Cream POM : NA18120100072
    Night Cream POM : NA18120100291
    link nya : http://www.pom.go.id/webreg/index.php/home/produk/all/row/10/page/0/order/4/DESC/search/0/NA18120100072

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah nama krim ini sangat umum dear. bisa jadi ada produsen yang mengaku-ngaku krimnya yang dimaksud itu sama dengan yang ada di database tersebut tapi ternyata tampilannya beda, contoh paket krim immortal. aku baca2 ternyata yang ngaku-ngaku jual paket immortal itu bentuknya berbeda dengan produk immortal resmi yang memang sudah ada nomor BPOMnya. yang seperti ini bisa merugikan produsen aslinya.

      nah untuk menghindari penipuan, aku cuma bisa kasi pernyataan spt ini:
      database yang tertera di link yang kamu kasi itu kan nama perusahaannya PT. STAR ABADI RATU INDONESIA. aku cari di google, perusahaannya punya website resmi http://www.saricosmetics.com/
      kalau produk yang beredar dipasaran mempunyai logo yang sama dengan yang ada diwebsite itu berarti produknya asli, kalau ngga ya berarti palsu. ga ada alasan utk tampilan beda isi tetap sama, ato repacking utk lebih mudah :)

      Delete
  35. sist, menurut aku uji ada tidaknya mercuri dengan mas masi kurang tepat, karna kalo pas di gosokkin ke cream, ga menimbulkan warna hitam terus itu belum berarti cream itu TIDAK mengandung mercuri, karna emas itu kan logam mulia, dia ga akan semudah itu bereaksi dengan lingkungan sekitar, apalagi kandungan mercuri pada kosmetik itu umumnya relatif sedikit, so sist, aku lebih setuju dengan cara pengujian di Lab, meski mahal, tapi hasilnya akurat..kita harus lebih waspada lagi dan jgn mudah menyimpulkan hasil dari pengujian yang kurang efektif,.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, makasi untuk masukannya :)
      sarannya sudah dimasukkan kedalam postingan, semoga postingan ini jadi lebih bermanfaat, amin^^

      Delete
  36. sis kalau perawatan wajah trisia soybean ada merkuri atau jenis berbahaya nggk? aku mw pakai perawatan trisia untuk menghilagkan jerawat aku aja sis. soalnya udah 3 bulan ini wajah aku jerawatan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, aku ga tau tentang trisia, tapi ada beberapa referensi bermanfaat tentang kosmetik abal-abal berbahaya pada postingan ini:

      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/referensi-bermanfaat-stop-produk.html

      semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  37. Hai aku mau share nih, ak umahasiswi fk, dan kebetulan juga keluarga aku org kesehatan semua, efek dari merkuri itu gk lgsg terlihat, itu bakalan berdampak beberapa tahun kemudian, dampak zat zat bahay lainnya jg gk hnya ke wajah, tpi jga bsa berdampak ke berbagai organ tubuh kita baik luar maupun dalam, jadi sevaiknya kita pakai yg alami aja, cintai wrna kulit kita sendiri, kalau emang pengen merawat kulit, cukup jaga kulit wajah bersih, mama aku cuma pakai masker alami dri buah buahan sampai skrg umurnya hmpir 50 thn gk ada flek.hitam dan jerawat tu, gk perlu putih yang penting sehat dan bersih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, makasi atas share yang bermanfaat :)
      semoga pembaca yang lain, yang belum menjadi korban atau sudah menjadi korban bisa menjadikan masukannya sebagai referensi^^

      Delete
  38. sis.. mau tanya kalau cream CR itu emang ada dokternya? tau alamatnya ga sis? karena pengen konsul langsung jg.. tolong info nya ya sis.. trims sblm nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuadhuh sekali salah penulisan diatas langsung salah maksud sampai bawah >_<
      maksudnya begini:
      pada komentar diatas dulu aku bilang maksudnya kalo krim CR ini dari dokter kulit ya masih aman, krn kalo kenapa2 bisa konsul, nah kalo bukan ya berarti krim abal2. jadi bukannya aku tau kalo krim CR itu krim dokter, tapi aku memberikan jawaban buat penanya sebelumnya :)

      ada baiknya baca2 postingan ini juga:
      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/referensi-bermanfaat-stop-produk.html

      Delete
  39. Sistt..tau cream anisa?kalau cream anissa itu kira" mengandung merkuri gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, aku ga tau tentang krim annisa, tapi ada beberapa referensi bermanfaat tentang kosmetik abal-abal berbahaya pada postingan ini:

      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/referensi-bermanfaat-stop-produk.html

      semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  40. Cream CR sya agak ragu yah... Soalx sya liat cream pagix kuning, cream mlmx putih, tonerx bikin muka merah hitam dan terkupas kebetulan ipar sya pakai... Creamx itu mirip cream2 palsu yg dijual, tidak ada no registrasi balai POM cma ada sertifikat halal MUI bebas lemak babi, tapi belum tentu bebas merkury ma HQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuadhuh sekali salah penulisan diatas langsung salah maksud sampai bawah, aku copas aja ya >_<
      maksudnya begini:
      pada komentar diatas dulu aku bilang maksudnya kalo krim CR ini dari dokter kulit ya masih aman, krn kalo kenapa2 bisa konsul, nah kalo bukan ya berarti krim abal2. jadi bukannya aku tau kalo krim CR itu krim dokter, tapi aku memberikan jawaban buat penanya sebelumnya :)

      ada baiknya baca2 postingan ini juga:
      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/referensi-bermanfaat-stop-produk.html

      Delete
  41. Saya jg ragu cream CR itu cream dari dokter, karena saya dokter, saya tau skali kta tidak boleh memberikan obat termasuk cream muka tanpa memeriksa pasien terlebih dahulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuadhuh sekali salah penulisan diatas langsung salah maksud sampai bawah, aku copas aja ya >_<
      maksudnya begini:
      pada komentar diatas dulu aku bilang maksudnya kalo krim CR ini dari dokter kulit ya masih aman, krn kalo kenapa2 bisa konsul, nah kalo bukan ya berarti krim abal2. jadi bukannya aku tau kalo krim CR itu krim dokter, tapi aku memberikan jawaban buat penanya sebelumnya :)

      ada baiknya baca2 postingan ini juga:
      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/referensi-bermanfaat-stop-produk.html

      Delete
  42. Ke natasha skin care saja.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gini yah tentang perawatan dokter kulit kalau memang benar-benar mau sembuh, ada baiknya baca posting dibawah ini dulu :)

      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/serba-serbi-dokter-kulit.html

      Delete
  43. Menurut saya nich, kulit cantik itu tidak selalu kulit putih, yang penting sehat, terawat, banyak makan buah dan sayur dan olah raga teratur, buat apa sich buang2 uang untuk membeli produk yang bisa merugikan kita, mendingin di sedekahkan saja dan pakai aja produk perawatan secara tradisional, serti masker tomat, bengkuang,mentimum dll,

    Salam
    Nofiyasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, makasi atas sharenya :)
      semoga pembaca yang lain, yang belum menjadi korban atau sudah menjadi korban bisa menjadikan masukannya sebagai referensi^^

      Delete
  44. Mau nanya nih.. bener gak sih produk kosmetik merek RD cream??
    Tmn di bbm jualan itu..udah bnyk yg pke. Tpi kok hasilnya bsa terlihat dlm wktu sngkat, cm hitungan bln..
    mana ad produk kecantikan yg instan kayak gtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah yang instant2 seperti itu mesti hati-hati dear, ada baiknya baca2 postingan ini juga:
      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/referensi-bermanfaat-stop-produk.html

      Delete
  45. Aku pake RD cream dan harga cukup fantastis 450rb. Dan setelah kupake 3 minggu mukaku diserang jerawat yang membuat aku menyesal. Walau banyak testimoni yg bilang bagus. Aku juga coba cek no regesistrasinya, ternyata no lppom mui certicate halal. Mohon share dari ladies mengenai RD Cream ini. Bentuk dan warnanya sama seoerti cream kiloan. Aku tanyakan dg penjual katanya itu reaksinya. Yg ada mukaku serasa panas dan mengelupas dan diserang jerwat yg mengerikan. Sedangkan aku tidak pernah diserang jerawat sampai gatal seperti ini. Pls share ya mengenai pengalamanku. Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf Ippom nomor apa ya maksudnya? bisa kasi link ceknya? karena aku cek di http://notifkos.pom.go.id/ tidak ada RD Cream, berarti tidak ada no BPOMnya. hati2 reaksi seperti itu bukan reaksi krim aman dan normal, bisa dibaca para referensi yang aku kumpulkan dipostingan ini:

      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/referensi-bermanfaat-stop-produk.html

      semoga bermanfaat :)

      Delete
  46. Informasi yg sangat bermanfaat. Untuk lebih amannya emang mending pke yg udah teregistrasi BPOM aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, makasi atas komentarnya, senang bisa bermanfaat :)

      Delete
  47. Sist
    brmanfaat bnget infonya:)
    tp ak mo tnya produk Serum Magic Korea sama RedPom setahu Sista aman g sih?
    Mksiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. red pome atau ada juga yang nyebut zamian red pome aku ga rekomen dear, karena aku cek di tokopedia.com paling murah harganya ada yang jual 15rb
      http://www.tokopedia.com/search?vi=2&q=red+pomegranate&st=product&ob=3

      sedangkan serum magic korea termurah dijual 7rb
      http://www.tokopedia.com/search?vi=2&q=serum+magic&st=product&ob=3

      terlepas dari mereka jual produk asli ato palsu, itu kayak barang abal2 cina lainnya yang ga jelas kebenaran produknya. kenapa aku bilang dari cina padahal mereka ngaku dari korea? karena banyak klaim produk asli-palsu, memang ada juga produk asli yang ditiruin cina spt SKIN79, tapi dgn banyaknya klaim produk asli-palsu ini juga harus dihati2, krn produk abal2 itu kemasannya bisa berubah2, misal keluaran pertama agak gelap keluaran berikutnya agak terang. produk abal2 cina lainnya kayak emilay aja temenku yang pernah ke cina ngeliat dipinggir jalan ada yang jual cuma 10rb, ngakunya milik USA.

      tapi untuk red pome uda jelas, aku nemu orang yang udah ngulas kalo produsen produk tersebut tidak ditemukan dari korea, semua dari cina:
      http://mysuperlounge.com/jangan-tertipu-zamian-red-pomegranate-whitening/

      untuk serum magic korea ada seller di tokopedia yang ngaku serum tsb dari cina:
      http://www.tokopedia.com/azzuney/serum-korea-nama-aslinya-yzhichun-dari-chinabukan-korea-1

      ini sumber paling valid mengenai serum magic korea yang padahal dari cina:
      http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2012/11/25/kosmetik-gaje-seller-untung-buyer-buntung-511077.html

      dari situ aja uda ketauan produsennya penipu. belum lagi kita tau kandungannya.
      yang pasti si kandungan & mutunya ikut ga jelas kalo produknya aja uda ga jelas dear. misalnya saja abc acai berry yang dilarang FDA krn mengandung sibutramine:
      http://www.tribunnews.com/2012/10/06/daftar-29-jamu-yang-dinyatakan-berbahaya-oleh-bpom

      saran aja dear, kalo mau beli produk kosmetik import lebih baik jangan produk yang pasaran banget dijual, krn kebanyakan produk abal2 cina :)
      utk tau produk import tsb beneran ato ga, lebih baik cari juga info atau review dari website/blog asing :)

      Delete
  48. say just for info,, pake gizi super cream aja,,, soalnya aman tuh. aku termasuk silent rider di femaledaily.com dan gizi super cream juga bukan merupakan krimpemutih,, dy gak mutihin sama sekali, tapi wajah jd gak kusam makanya keliatan cerah,, aku seneng, gpp gak putih asal sehat.. udah gtu muraahhhhhh lagi...memang agak susah nyarinya,, aku biasa beli diapotik deket rumah kebetulan ada...hihi kayak bikin testimoni jdinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks sharenya dear :) kebetulan aku ada rencana ngumpulin review2 orang tentang kosmetik legal & murah, bisa nih jadi bahan beauty under 10k, hehe.
      ibu temenku juga pake kelly dari dia muda smp sekarang, guess what? kulitnya bagus2 aja smp sekarang. memang kembali lagi ke kelegalan produk ya, semurah apapun asal ada BPOMnya ya ada jaminan produknya aman :)

      Delete
  49. klo bedak saripohajie udah ada yang dipalsuin belum ya? minat pake ini,

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo aku baca di femaledaily si udah ada palsunya, amannya beli di tempat ato apotik yg terpercaya dear. bisa dicari di google jg yg asli ato palsu spt apa, saran2 jg ada dikomentar sebelumnya, mohon juga utk ga nanya random question spt ini ya krn jd semakin jauh dr topik postingan :)

      Delete
  50. klu cream sari aman ga dear? uda aku cek di BPOM dan nomernya teregistrasi. Tapi warna day creamnya kok lagi2 kuning dan night creamnya putih ya? Itu asli ato termasuk krim gajebo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, ttg cream sari udah aku bahas dikomen2 atas, silakan dibaca :)
      krim2 warna kuning putih lainnya yang warna krim paginya kuning mentega (bukan kuning foundation) sebaiknya jangan dipakai. krn semua sama aja krim oplosan, tekstur beda2 dikit tp wangi nyengat. FYI kalo seller ngaku krim itu racikan dokter kulit, krim dokter kulit itu tidak berbau parfum, tp berbau obat krn yg paling mengiritasi kulit no.1 itu parfum, pasti mereka paham banget dong soal ini. krim dokter sndr yg aku sering temuin warnanya putih semua, kuning pun ada tp sejenis kuning kulit/ spt foundation :)

      Delete
  51. hi sis,minta rekomen nih...cream apa ya yg bagus buat kulit yang kusam supaya kelihatan lebih cerah kenyal dan nggak kering,pengen punya kulit kaya dulu laagi sebelum sibuk di kegiatan outdor,kira kira apa ya cream yang aman di usia ku 16 tahun?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, klo bener2 belum pernah pakai krim putih kuning spt diatas mending km pake bb cream aja. di indonesia baru ada 2 merek, maybeline & silky girl, di mall banyak kok. boleh juga beli yg merek korea, tapi hati2 banyak olshop yg jual barang palsu, bb cream korea kisaran harganya 200rb keatas, kalo ada yg jual SKIN79 doang (yg sering dipalsuin) dengan harga murah mulai 90rb-100rb harap hati2 produk palsu.
      kenapa bb cream? itu cream paling aman digunakan dan uda termasuk sunblock. bb cream diciptakan utk orang2 korea yang baru operasi plastik, mereka ga boleh pake makeup/ foundation maka pabrik kosmetik korea bikin bb cream, jadi aman banget digunakan. bb cream uda lengkap dgn kandungan sunblock SPF, penting digunakan dari usia 16 tahun utk menghindari pengaruh buruk sinar matahari jangka panjang.

      Delete
  52. Kalo biosoft gimana sist ? soalnya harga yg ditawarin juga beda* molai dr 29rb sampai 250rb di tokobagus,, testi diatas menyebutkan kalo cream kuning putih bahaya, biosoft kuning putih warnanya, tapi tmenku pake 3bulan hasilnya kinclong kayak kulit bayi, aku pake habis satu paket lumayan bersih, tapi stelah baca blog diatas aku sdikit ragu dg keamananya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi sis, kalo udah ada harganya variatif gitu aku ga sarankan banget ya, logika aja, krim kiloan dijual dengan sangat murah makanya dia bisa bikin sepaket murah. jangan terpengaruh kulit kinclong kayak baby say, itu belom efek jangka panjang, dulu waktu aku masih SMP baru2 kenal krim kayak gitu kulitku juga kinclong tapi skrg kena krim gitu spt yang aku jelasin diatas, iritasi, jerawat batu, kalo uda gitu nanti repot nanggungnya :)

      Delete
  53. say aku kan udh perawwatan d dokter kulit,, emg sih bagus tp kurang kinclong n sering msh timbul jrawat cuma 1 apa 2...
    nah aku d tawarin ni d bbm, produk florin, ktanya sminggu lgsg kinclong n byk yg cocok gt, bahan utama colagen, serbuk mutiara, japanese papays, vit E n C, Arbutin ,aha n kojid acid.. trs aku tanya ad no BPOM tp aku kurang bgitu tau itu bner no BPOM Produk itu apa bukan? ini say.... http://pom.go.id/webreg/index.php/home/produk/all/row/10/page/1/order/4/DESC/search/0/CC47081002971 mohon bantuanya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, pertama please note: timbul jerawat 1-2 itu masih menandakan kulit kamu bagus dan berfungsi semestinya. jerawat itu normal, orang yang ga jerawatan atau kulitnya kinclong kayak porselen terus bisa2 karena keracunan merkuri, tinggal tunggu waktu aja kayak yg aku alami.
      jangan juga terpengaruh dengan khasiat seminggu kinclong blablabla padahal harganya cuma berapa ratus ribu, logikanya cuma bener2 produk merek mahal setingkat the history of whoo, kanebo atau sulwhasoo yang bisa bikin kinclong dengan seminggu, itupun harganya jutaan perpaket.
      itu link yang dikasi merek produknya Kerastase, perusahaannya L'oreal lho, yakin itu buat wajah dear? Kerastase produk rambut, dan merek "KERASTASE - Biotic Concentre Bio-Recharge" disitu juga memang buat rambut lho. coba cek:
      http://www.folica.com/hair-care/hair-treatments/kerastase-biotic-concentre-bio-recharge
      wah sellernya aja udah nipu say mana bisa dipercaya, hati2 ya kedepannya :)

      Delete
  54. sist beli cream sari yg asli dan aman di website yg mana??
    http://www.sariskincareoriginal.com/
    atau
    http://www.saricosmetics.com/
    mohon infonya terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ga pernah beli krim sari ya, mereka cuma tanya pendapatku tentang keaslian BPOM aja. say, website pertama ya, ini tanggapanku pribadi. disitu ada produk aslinya gimana, produk palsunya gimana. kalo aku si lebih baik jauhin aja deh produk kayak gitu, bukan apa2 tapi kan masih banyak produk yang legal dan terjamin? ngapain toleransi untuk kesehatan kulit say? aku pernah keracunan krim abal2 makanya udah deh yang ga jelas kayak gitu mending jauhin aja. karena aku udah banyak kemakan kata2 penjual penipu, krim a-dha yang asli yang mana, krim walet yang asli yang mana, ujung2nya kata dokter kulit semua itu sama. krim putih kuning dengan bau parfum nyengat bermerkuri. jadi daripada hilang uang dan kesempatan lebih baik kamu cari produk yang lebih jelas aja say :)

      Delete
  55. sabun beras susu Thailand itu berbahaya ngga sih?? soalnya ada kandungan NAOH di komposisinya? menurut kamu gimana sist??

    ReplyDelete
    Replies
    1. NAOH itu apa ya? tapi coba cari nomor BPOMnya, kalo ada diproduknya atau diberitahu penjualnya dicek di website BPOM ya :)

      Delete
  56. krim a-dha udah saya cek di pom-go-id ada kok alias udah terdaftar... cuman yaa gitu, musti hati2, soalnya para pemalsu sekarang juga udah pinter2, tipuannya halus bgt, biar lebih aman,, pesan kosmetik, ke site aslinya ajaa.. insyAllah aman..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya baru saya cari ulang ada, tulisannya "a-dha" ya, makanya dulu saya cari pernah ketemu tapi terakhir kali ga ketemu krn carinya "adha". iya mesti hati2 banget karena di tokopedia aja dijual murah sepaket 15rb-30rb dan itupun ada yang KW. iya mesti hati-hati banget, ditirunya plek, ga tau deh cara bedain penjual aslinya gimana

      Delete
  57. Kak minta saran nih..
    Dulu ak pake produk ponds, hasilnya wajah lumayan putih tp ak komedoan dihidung warna putih kak susah ngilanginnya. Kulitku jg jadi berminyak, pori2 semakin membesar. Umurku 16tahun kak menurut kk cream yg cocok buat tipe kulit ak apa ya? Yg bisa mencerahkan wajah jg kak, ak nggk berani pake krim dokter soalnya takut ketergantungan dan wajah jd pink gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, umur kamu masi 16 tahun wajar si obsesi produk yg begini begitu kayak aku dulu. pilihanmu bagus utk ga buru2 ke dokter kulit, selain memang ada keluhan kulit lebih baik tunda dulu, minimal produk dokter kulit juga rata2 17tahun. kulit berminyak itu bagus lho dear, jangan kemakan iklan jadi obsesi kulit putih ga berminyak kayak porselen. apalagi diusia muda, kulit lagi ngeluarin banyak minyak alami lebih baik jangan dihilangkan dengan banyak pemakaian produk wajah seperti toner & pelembab. minyak kulit itu menghambat penuaan kulit, jadi bikin awet muda, seharusnya disyukuri daripada pemilik kulik kering & normal.
      saranku ini aku dapatkan waktu aku ke dokter kulit ya;
      usia muda ga perlu pake pelembab pagi, karena masih ada minyak alami kulit untuk melembabkan. pake sunblock wajah & badan SPF 30 udah cukup karena bisa menghalangi pengaruh buruk sinar matahari, namun kulit kita tetap harus menyerap sinar matahari. hindari pemakaian bedak yg bisa bikin jerawat sm komedoan, mendingan sunblock tadi aja udah cukup. sebulan kamu pake sunblock bisa keliatan kulitmu lebih sehat dari sebelum kamu pake, aku pribadi bisa lebih cerah juga. tapi walau mentang2 pake sunblock jgn justru nantangin kontak langsung lama2 dgn matahari ya

      Delete
  58. kalo krem dr fajar? apakah sama? itu produk dari krem kiloan? memang cocok sih saya pakai, tapi ya gt takut efek jangka panjang nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, pertama dari mana kamu beli produk itu? dokter langsung? kedua apa krim paginya kuning (kuning mentega) & krim malemnya putih dengan bau parfum ngengat?
      kalo iya jelas krim kiloan, krim dokter kulit baunya obat karena dokter kulit tau jelas2 yang menginfeksi kulit nomor satu itu parfum :)

      Delete
  59. hai sista2... mau tanya donk, ada yang sudah pakai cream sari ga? mau tanya donk, aku pake cream sari baru seminggu tapi kok kusam trus keluar jerawat batu kecil2 dan kadang ad yg besar.. itu cm reaksi sementara apa emang ga cocok ya? tolong share nya yaa.. tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung,kalo itu produk asli bisa jadi itu hanya adaptasi kulit,tp juga ttp harus diwaspadai.Lbh baik beli skin care yg udah diketahui masyarakat luas berkualitas sist :p

      Delete
    2. udah dijawab sama tissa, bener banget tissa, makasi tanggapannya :)

      Delete
  60. udah pernah pake cream sari, putih sih..tp berjerawat n kulit jadi kering gtu, udah dicoba pake cincin emas..ngga berubah jadi hitam sih cream nya tp skrang berhenti dulu..ganti pake cream dr Nala ada BPOM nya bukan utk memutihkan hanya mencerahkan dan jerawat pun hilang tinggal bekas2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sist, aku lagi penasaran banget sama cream sari itu?? masih suka jerawatan ya sis???
      padahal niatnya mau nglangin jeriwiit >_<

      Delete
    2. sis, ak dah berhenti pakai cream sari..sekarang pakai cream dr Nala alhamdulillah jerawat hilang.. ngga mutihin kalo cream dr nala..tp ngga pp lah dripda berjerewi

      Delete
  61. hai ladies, yg lg happening skrg serbuk putri raja.. itu loh yg ada keranjang bambunya, bisa untuk lulur dan masker, bahkan bs untuk mutihin gigi. katanya siy 100% aman dr dr arbuthin powder. bener aman ga siy??

    oia, waktu kuliah dl, aq pernah pakai cream yg boxnya ijo itu (cream walet ya namanya?)
    di apotek cuma 1500 tuh. emang bikin wajah bersih (tp ga mutuhin), jd mulus, tp kalo stop pemakaian wajah jd gateeeeelllllll... bngt... klo pake cream itu lg gatelnya ilang, kyk nagih gt.. akirnya aq nekat brenti.. bbrp hri wajah gatel abis, merah2 kyk meradang gt... aq ganti ponds flawless.. alhamdulillah gatelnya ilang, dan gak ada bekas/ngelupas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, kalo ada BPOMnya aman, tapi apa lulur itu ada BPOMnya? iya cream walet yang ijo itu dijual diapotik cuma 1500, jangan pake itu bahaya, seperti yang aku jelaskan diatas

      Delete
  62. Say klu cream import yu chun me itu aman ga ya..itu herbal bgt bau nya..dr gingseng n jamur merah...tlg bntu akh ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku hampir juga beli sis. tapi aku mikir dua kali. kenapa? emang susah ya ngedeteksi untuk cream import aman apa engga. tapi aku pernah nyoba nyari cream itu di gugel. hasil ngecek2 dengan olshop yg beda, kok gak konsisten yah. ada yg blg itu cream dr taiwan, hongkong, ada jg yg blg cina. dr situ aku udh curiga, dan batal beli deh dari pada kenapa2. walopun sellernya ngomong itu produk herbal dan aman dipakenya.

      Delete
  63. Ladies, just for info. nge test krim pake emas itu cuma bisa ngeliat itu krim bermerkuri ato engga. tapiiii kadang cream2 berbahaya itu ada yg bisa ga kedeteksi pake emas. kenapa? karena memang mereka gak ber merkuri tapiii lebih parah lagi, make soda api! iya biar bs bikin putih make soda api, emang ga pake merkuri sih tp it is even worse kan. dan banyak lg kayak steroid dll yg tentunya ga aman buat kita. so yg penting adalah tanya no bpom dr cream dan pastikan beli di tempat yg resmi. jgn beli di olshop2 geje ah. apalagi yg cuma menjanjikan aman tanpa ijin resmi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, thanks untuk sharenya ya, nice info! :)

      Delete
  64. HY SALAM KENAL SEMUA NYA, BOLEH NANYA GAK YA,,, ADA YANG TAU NICE SKINCARE GAK YA, APA PRODUK NYA AMAN KATANYA UDAH TERUJI LAB TAPI CREAM MALAMNYA PEARL, TERUS DAY CREAM WARNA KUNING AGAK COKLAT GITU, SAYA PENGEN PAKE TAPI GAK TAU APA CREAMNYA AMAN ATAU TIDAK, ADA YANG BISA BANTU??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, coba kamu tanya ada ga nomor BPOMnya, dan cek di http://notifkos.pom.go.id/ terdaftar ga, kalo ga ada nomor/ nama produknya yah belum tentu aman, kenapa ga cari yang aman sekalian? kalo mau mahal mending sekalian aja ke toko2 kosmetik korea di mall2 seperti skinfood, etude, the face shop dll yang udah pasti aman :)

      Delete
  65. Thanks for info nya, menarik sekali
    mo ikut sharing donk, aq pernah pake Cream A dha kemasan lama ( yg cream siang nya warna kuning dan cream malamnya warna putih bening ) aq dah hampir 6 bln pake itu dan hasilnya bikin aq seneng bgt, wajah q bersih kayak perawatan mahal, tapi stelah kesana' nya kok aq ngerasa wajah q semakin hitam kusam, aq sempet sih berhenti 1 minggu krn memang harga nya menurut q agak mahal (kisaran 175rb utk cream aja) nah dari berhent itu aq ngerasa wajah q jadi item kusam, trus aq pergi ke dokter, dokter bil ini karna terbakar matahari..ok, ahkirnya aq beli lagi cream A dha lagi, ternyata kemasan lama udah ga d jual, alhasil beli yg kemasan baru (whitening series) aq pake kok ga secocok yg awal, malah berminyak bgt...aq berhenti deh ahkirnya, nah klo menurut q yg clenser sama milk clensernya itu bagus karna mayan mencerahkan, tapi aq masih gtw apa itu mengandung merkuri jg atau ga ya??

    owya ada yg udah pernah pake Cream RD?
    temen aq nyaranin pake cream itu kata na bagus, tapi aq masih ragu, krn aq cari di google kok yg d maksd RD itu Racikan Dokter dan aq jg masih ragu soalnya kemasannya ga meyakinkan, sharing donk sist :)

    Thankz

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks for share dear, klo krim A-dha aku ga tau banget ya itu gajebo ato ga, itu sempet ada di BPOM, tp sempet ilang juga, kredibilitasnya juga menurun karena banyak seller nakal yang jual dengan nama A-dha KW, jd menurutku daripada kamu trial error sm produk yang ga jelas, lebih baik ke skincare yg jelas2 aman aja, apalagi RD, itu kan krim putih kuning, jelas gajebo dear.

      Delete
  66. Mba, thankyou infonya sgt brmanfaat :) aku kan iseng nih :D suka nanya-nanya orang yang BC ke aku ttg kosmetik yg dia jual, contohnya Qweena skincare cream, aku tanyain kan BPOM nya. Dia bilang ada, tapi aku tnya nmornya brp? dia jwb, alasannya stok di dia lagi habis jadi ngga tau BPOM nya brp. terus dia ngilang hahahhaa aku tanyain terus, dia bilang "kamu ngga percaya ya? aku jual kosmetik ori loh sis, bukan yg abal-abal." tpi giliran ditanya BPOM -_- ogah dijawab wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks for share dear, nah itulah salah satu contoh seller yang ga bisa mempertanggungjawabkan apa yang dia jual, hati2 ya yg seperti itu banyak banget :)

      Delete
  67. sist, mo nanya, obat jerawat dokter andini berbahaya ga?di webnya sih katanya ada BPOM nya, trs bnyk paket utk mcm2 mslh kulit.. aku googling nyari profil dokter andini tsb tp blm ketemu, bagi sapa aj yg udh pake produk2 bliau, share yah,,, trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, coba tanya BPOMnya berapa dan cek di http://notifkos.pom.go.id/
      tanya juga ke sellernya dokternya dokter SPKK ato dokter umum, kalo dokter umum kamu buang2 waktu aja dear, kalo bisa tanya juga lokasi dokternya dimana

      Delete
  68. sis, setau aku di dalam kosmetik apapun memang ga boleh ada merkuri serendah apapun persenan kandungannya. karena dia memang logam berat. :)

    kalau Hq, itu baru boleh sis maksimal 2% di kosmetik bebas (tapi itu dulu. kalau skrg setau aku di kosmetik bebas udah dilarang, sama sekali ga boleh ada). karena Hq itu masuk golongan obat (kaya tretinoin dll), bisa dipakai sesuai dengan keterangan yg tersedia, dan dibawah pengawasan dokter. sedangkan merkuri/air raksa itu sama sekali bukan obat. CMIIW ya.
    ini hanya sepengatahuan aku ya sis :D
    silahkan cek dan ricek lagi sis, kali aja aku salah :D

    tapi overall, nice post sis :)
    keep posting ya :D
    HIDUP PRODUK HALAL & AMAN :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, thanks for your concern ;)
      oh klo kata dokter kulitku si tidak akan menimbulkan reaksi apa2 selama itu tidak lebih dari 2%.

      Delete
  69. hai sis, makasih ya postingannya sangat membantu kita supaya lebih cerdas jadi konsumen.

    aku juga mau share sedikit pengalamanku waktu beli obat muka di salah satu online shop. nama produknya Qneta. mungkin udah ada yg denger sebelumnya. obatnya terdiri dari 1 sabun muka (batang), krim malam berwarna krem dan krim siang yang berwarna krem pucat. aku beli seharga 160rb. ketika paketnya datang, aku menemukan kejanggalan sama wangi sabunnya yang sangat menyengat seperti bau detergen. Begitu juga sama krim siang dan krim malamnya. aku sempat ragu mau pakai tapi udah terlanjur beli kan sayang kalo gak dipakai. aku pakai dalam 2 minggu gak ada perubahan sama sekali, akhirnya aku berhenti pakai. aku sebelumnya juga pernah coba cream a dha dan cream dari salah satu online shop. keduanya aku cocok tapi tiba-tiba suppliernya menghilang gitu aja gak bisa di contact lagi. dari semua cream yang aku coba itu, hampir semuanya berwarna sama (krim siangnya warna krem, krim malamnya putih). setelah aku baca postingan di atas, aku jadi curiga kedua produk tersebut mengandung merkuri. karna bahayanya obat-obat seperti itu gak keliatan dalam waktu dekat, tapi efek di masa yang akan datang. ibu aku juga melarang aku beli obat muka sembarangan jadinya sekarang aku beralih ke dokter muka. walaupun agak mahal, tapi lebih aman di bandingkan dengan obat muka online shop.

    aku sarankan kepada konsumen agar lebih cerdas dan banyak cari info mengenai kosmetik. lebih baik gunakan produk yang memang sudah terkenal mendunia seperti ponds, olay, garnier, dll. memang mahal, tapi sebanding dengan hasilnya dan yang lebih penting aman untuk kulit wajah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, thanks for share yah. iya benar, kita memang sudah seharusnya ga kemakan iklan kosmetik instan tapi ga jelas asal usulnya :)

      Delete
  70. Sis Soal tes cream yg mengandung mercury dengan cincin emas valid gak sich ? Soalnya ada teman yg nawarin cream dari produk MLM yg katanya bagus merknya Melilea, trus aku coba gosok pakai cincin mas kurleb 2 menit keluar warna hitam padahal cream tersebut sudah berBPOM malah di klaim berbahan dasar organic...bisa kasih penjelasan...tq ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, tentang itu sudah aku bahas dipostingan atas, sudah aku update yah :)

      Delete
  71. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sori ya diapus, terlalu straight iklannya dan tidak mementingkan isi postingan ini :)

      Delete
  72. mau tanya nih, sampek sekarang ini kakak pakai kosmetik apa? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sekarang pakai skincare brand korea semua karena lebih aman & cocok buatku :)
      cuma pakai secret key starting treatment essence dimalam hari karena itu mengandung pitera, kandungan yg ada di SK-II juga. aku pilih secret key karena kandungannya sama seperti SK-II dan lebih murah juga. untuk tau apa itu pitera, silakan googling2 yah dear :)
      paginya aku cuma pake silky girl magic bb cream smp sekarang :)

      Delete
  73. Kak, mau nanya nih.
    Kira kira kalau sudah memakai produk pemutih wajah, terus hasil yang kita inginkan tercapai, apa kita harus memakainya terus menerus dan tidak berhenti? Maksudnya ,akan putih permanen atau cuma sementara? Umurku masih 14th, apa boleh memakai produk pemutih?
    makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, aku cuma bisa bilang sayang kalo kulitmu dikenai skincare pemutih apapun. pake sunblock tanpa pelembab saja sudah cukup, jgn yg ada pelembab & fungsi memutihkan dll. rajin aja cuci muka setelah pergi2. percaya deh, nanti kamu di usia 20an bisa menikmati kulitmu yang masih belum tersentuh apa2 dibandingin kulitmu yg udah kena macem2 :)

      Delete
  74. huaaa~ tanya dong u,u dijawab yah..

    aku kena hasutan setan nih TT *nangis darah
    aku sama temenku ke hasut ama kakak kelas sendiri, gegara liat muka dia yang make cream yang dia jual itu kulitnya mulus TT

    mau tanya, kalo udah pernah make cream gituan (yang ngandung merkuri) udah 1bulan lebih terus berhenti, make produk (ex: wardah). itu kan sama aja udah kemasukan merkuri kan? terus gimana itu? bakal bahaya ga jangka panjangnya? walopun makenya baru 1bulanan efek buat wajah ama tubuh itu gede ga? terus kalo di obatin yang minum minuman chlorela bisa terobati gak? aku khawatir banget :( soalnya dari dulu wajahku gak pernah bermasalah sama yang namanya jerawat, pori2 gede, komedo. cuma warna kulit agak gelap. huaa~ aku nyeselnya karena aku udah ngerusak wajahku sendiri TT jawab yah. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dikeluarkan dengan chlorella, chlorophyll & terapi balur dear, salah satu aja jg gpp, giatin yg km bener2 bisa :)
      bukan kapabilitasku untuk bisa menjawab gimana jangka panjangnya dari efek memakai kosmetik bermerkuri selama 1 bulan saja, tapi yang bisa aku kasi tau, ga perlu takut banget dear karena yang pake lama aja masi bisa sembuh :)

      Delete
  75. Aku mau tanya, klw mw tes uji lab bayar nya mahal ya.. pengen bgt gtu tes.. AKU jg pernah make cream" abal2.. cz awalnya gak tahu.. dlu prnh beli tulljye, qianyan, lingzhi, total white, itu semua saran teman, tapi make yg g awet bgt si qianyan n lingzhi.. masa make' sekali wjahku panas, kata temen efeknya, tapi krsa gatal, g aku terusin, nah INI YANG bikin aku nyesel.. SELAMA itu di usia 18th smpe skrg 23th gonta-ganti produk.. kok yah TERNYATA di BPOM semua yg PERNAH ku pake BERBAHAYA.. WHATTTTTSSS????? trs apa yg akan terjadi nih,, bingung... nah sekarang aku pake produk EMC+BMC ... katanya EMC bagus.. YUPPPS bener skali, aku nyaman pakenya, walaupun gk instan, tapi mukaku bersih, gak kusam.. Nah yg perlu aku ingin tes itu BMC Nya, kata seller satunya BMC ud teruji bebas mercury n steroid, nah toko lainnya bilang BMC berbahaya, APA MUNGKIN BMC yg diuji yg katanya berbahaya itu BMC" oplosan yg dijual sma oknum2 tak brtggungjwb,, Malah sering googling EMC katanya berbahaya, makanya aku rajin2 googling.. trus yg aku beli semoga asli cz barcode hitam, n Teruji,, sdgkn di tmpt lain ada yg EMC oplosan.. aku masih pake sampai detik ini EMCnya, alhamdulillah sellernya asyik n baik, njelasin EMCnya itu asli dr USAnya, n diweb/blognya terpercaya.. cz dy bedain EMC asli n palsu.. CUMA aku masih ragu sma BMC nya, jrg aku pake. gimana solusinya, aku gosok2in di cincin emasku jg g ada efek, tdk pudar, di tangan jg g. di tisyu jg g.. mohon bantuan nya klw mau nguji ke lab bayar brapa ya, biar aku g ragu.. hehehe thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, maaf bisa jelaskan produk apa yang ada di BPOM terus kamu anggep itu berbahaya karena apa? untuk uji lab sudah dijelaskan diatas, harga kisarannya 150rb. memang banyak seller2 yg jual produk palsu & replika, PONDS aja ada yg jual dipasar harganya murah2, malah ada bedaknya juga macem2 padahal PONDS tidak mengeluarkan produk spt itu. itu abal2 bikinan china yang jelas. maka itu sarannya beli di tempat yang terpercaya, maupun itu online/real. utk tes cincin itu, itu cuma untuk merkuri lho, bukan utk steroid dll.

      Delete
  76. tLg jawab ea,,,niech Q br beLi cream sari 1mnggu yg LaLu,,,Q tezt pke cincin emas kok warna cincinkoe jd berubah dan Q test cream DOKTER yang harga 10.000 an Q gosok2 cincinku maLah g berubah warna cincinkoe,,,,,berarti yang murah tuch maLah bgus dunK sist,padahal g ada no BPOM nya Lhow,,,yg cream sari udh ada no BPOM malh g bgus,,,,valid g sih test pakai cincin itu?

    tolong dijawab ea,,,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, mohon dibaca baik2 dear, pertama sudah dijelaskan diatas bahwa tes tersebut tidak valid hanya untuk berjaga2 aja, jd bukan berarti krim itu ga berubah warna bisa dibilang aman/ tidak mengandung merkuri, makanya itu sbg konsumen kita berlindung dibawah BPOM.
      kedua krim sari karna namanya umum jadi kita ga bisa tau dong krim tersebut apakah yang dimaksud sudah ada no BPOMnya atau bukan.
      ketiga, krim merek DOKTER jelas2 udah masuk pemberitaan sebagai kosmetik berbahaya, udah berita lama banget, udah case closed itu yah krim putih kuning yang kuningnya seperti mentega itu jelas2 merkuri campur mentega, pernah dibahas di investigasi ttg krim syahrini.

      Delete
  77. aku pake krim yashodara, awalnya pake krim abal-abal juga eh malah berantakan muka (jerawatan). Pake krim yashodara deh, ude setahun lebih bahkan. ni klo pada mau pesen, pake web krim ini http://www.creamyashodara.com/?ref=diyanaline

    ReplyDelete
  78. Ada yang tahu atau pengguna krim dari dr ummiamizah enggak? Tuh dokter sebenernya ada gak sih ? Soalnya aku pesen krim itu tapi masih takut ada merkurinya atau enggak tapi udah ada BPOM-nya, gimana tuh menurut kalian. Jawabnya penting buat masukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, dr ummiamizah udah sampai iklannya ke majalah aulia jadi kemungkinan banget aman, karena kalo majalah pasti dia cek dulu yang mau beriklan, nih ada BPOMnya di link BPOM:
      http://notifkos.pom.go.id/bpom-notifikasi/product_list.php?q=ZHB0PXByb2R1Y3QmZmllbGQ9YW5kaW5pJng9MCZ5PTAmYWN0aW9uPXNlYXJjaA%3D%3D

      Delete
  79. Saya baru tau kalo krim walet itu ada produk krim pagi dan krim malam. Yg saya tau cuma krim walet yg dalam wada tube itu. Itu memang buat gatal dan eksim. Di apotik dijual harga 2700 rupiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sudah lah dengan harga segitu ga mungkin biaya produksinya mau semurah apa kalau bahannya bagus? hati2 ya dear

      Delete
  80. Hai sist , aduh aku mau curhat .
    belum ada seminggu ini aku pake cream CR yg kemasan putih tulisannya pink , isinya facial wash + toner + serum + Day & night cream.
    Pertama pake muka aku gak kenapa2 , pas hari kedua ketiga , wow berasa banget panas + gatel kaya perih gitu .
    efek panasnya sih cuma 10 menitan , cuma sehabis pakai day/night cream tuh kadang kalo muka aku gatel kan otomatis aku garuk pelan , tp berasa perih banget jadinya ��
    trus yg bikin panas itu kalo abis cuci muka , trus abis pake toner perihhhh bgt .

    Belom ada seminggu sih makenya . Baiknya aku terusin pake atau gak ya ?

    Thankyou ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. sist aku juga pernah pakai cream ilegal macam begitu efeknya dan akhirnya setelah perih itu ada pengelupasan kulit loh kalau digosok entarnya jadi item. aku sembuhnya pakai baby oil. mending jangan diterusin loh. bahaya juga katanya cream racikan ilegal yang ga terdaftar di BPOM terutamanya bahaya buat rahim dan janin.

      Delete
  81. sebaiknya mamang hati-hati memilih cream racikan dokter atau rd cream

    ReplyDelete
  82. Duh jadi takut yang mau lnjutin pakek Rd cream pdahal masih cba 1 kali ..... gak terasa panas atau gatal sih .... mmm mending diterusin apa gak ya ??? minta solusinya donkk....

    ReplyDelete
  83. sist aku juga mamu nyobain cream yg diracik sama dokter .A yg udah terkenal itu moga aja ga kenapa2 ya.

    ReplyDelete
  84. sis tau ga di mana jual lotion tubuh dari bahan walet yang legal, seperti yang di katakan di atas? terimakasih yaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku ga yakin lagi deh dear nama produk yang diselipi "walet" aman. karena banyak banget produk kiloan, mending cari yang pasti2 aja dear :)

      Delete
  85. Berbagi pengalaman..
    Dulu aku jerawatan banyak banget. Padahal yang aku pakai semua merk bodyshop. Mulai dari teatree (oil,nightcream,facialwash,pore minimizer) dan seaweed (day cream,milk cleanser,dan face toner). Untuk produk2 itu aku harus ngeluarin biaya yang ga sedikit setiap bulannya. Dan aku,sebagai seorang mahasiswa yang mearantau mengeluarkan uang segitu ga gampang.
    tapi hasil yg aku dapatkan jauh dari keinginanku. Jerawat bruntusan muncul,komedo berkelana di mana2. Akhirnya aku nyerah dan mencari dokter yang rekomended dari review2 orang. Dan alhasil pilihanku jatuh ke salah satu klinik kecantikan yg kebetulan dekat dari kampusku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, thanks for share. mungkin bisa di share tempat kamu berobat ke kliniknya :)
      memang kita cocok2an sm produk, sama produk yang aman aja masih bisa ga cocok apalagi sekarang beredar produk2 yang ga aman. sekali lagi thanks for share :)

      Delete
  86. Dear,

    Terimakasih yang sebesar-besarnya sebelumnya karena sudah diberikan ruang untuk mengisi kolom komentar. Kami ingin memperkenalkan produk perawatan kecantikan kulit dan wajah alami DR Rochelle Skin Expert yang sudah teruji di laboratorium dan terbukti khasiatnya yang efektif untuk memutihkan dan mencerahkan kulit wajah bebas kusam.

    Produk-produk perawatan kecantikan DR Rochelle Skin Expert diformulasikan dari bahan-bahan alami pilihan melalui seleksi yang ketat sehingga aman untuk digunakan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

    Banyak yang sudah membuktikan khasiat produk ini, beberapa artis ibu kota juga ada yang mempercayakan perawatan kecantikannya pada produk kecantikan yang satu ini, selain karena hasilnya yang terbukti, produk ini juga aman.

    Kami menjual produk-produk kecantikan DR Rochelle Skin Expert baik secara grosir maupun retail. Untuk pertanyaan lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi :
    Yanti
    Telp/SMS
    +6281807100039
    Pin BBM 7CBF355B
    www.rochellecantik.com

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  87. kak, jadi produk kecantikan yang aman untuk wajah merk apa? soalnya wajah saya sensitif dengan produk baru. Terimakasih

    ReplyDelete
  88. Mau tanya dunk sist,,aku baru pengen pesen produk RD Cream ni..ada yang tau produk ini?atau pernah ada yang coba pake produk ini?mohon share nya yaah..makasiih :)

    ReplyDelete
  89. hai, sist. mau tanya nih. kalo cream BPS (erl), cream sari, dan supijati itu aman ga?
    trims sebelumnya :)

    ReplyDelete

Silakan memberi komentar, tanggapan kamu sangat berarti untuk perbaikan posting ini :)
Komentar yang mengandung SARA, out of topic, offensive, spam, dan yang tidak bermanfaat lainnya tidak akan ditoleransi, dan akan dihapus.