Blog Archive

Friday, April 12, 2013

Perjuangan Melawan Breakout!

Akhirnya selesai juga posting ini pukul 01.49 pagi! ^^

Postingan ini adalah cerita akan solusiku saat mengalami breakout (yang ternyata karena produk abal-abal), untuk tips solusi mengeluarkan merkuri dari tubuh bisa dibaca pada postingan Solusi Mengeluarkan Merkuri dari Tubuh.

(Update: Ternyata aku baru tau selama ini yang katanya dokter itu bukan dokter kulit. Jadi produk tersebut aku dapatkan langsung dari budeku yang bilang kalau temannya itu dokter, konsultasi pun secara tidak langsung keluhanku minta disampaikan melalui budeku. Singkat cerita, akhirnya aku tau ternyata temannya itu bahkan bukan dokter, tapi peracik obat di apotik. Belum lagi kalau-kalau bukan dia yang bikin sendiri, tapi mengaku bikin sendiri. Ini saja sudah produk abal-abal namanya, ugh!)

Sekitar tengah tahun lalu, aku sempat pakai salah satu produk perawatan dokter, setidaknya begitu perkiraanku dulu. Produknya ini memiliki efek pengelupasan dan inflamasi. Jadilah wajahku mengelupas, terasa panas, dan timbul jerawat-jerawat besar meradang. Awalnya aku masih muka tembok dengan jerawat yang tiba-tiba datang bertubi-tubi. Akan cepat selesai, pikirku. Namun ternyata tidak.

Jerawat besar disekujur wajah lebih menyeramkan daripada jerawat bruntus kecil-kecil waktu masa-masa puber SMA dulu. Kupikir ini akan terjadi selama seminggu, atau paling maksimal 2 minggu. Sampai sebulan lebih jerawat besar datang dan pergi. Dahi, pipi kanan dan kiri, semuanya penuh dengan jerawat besar! Bahkan terlihat seperti bertumpukkan! Super sabar menunggu hasil dari produk dokter hingga 6 bulan tidak kunjung terlihat hasil, aku menyerah. Aku sampai malu ke kampus, stres juga saat melihat kaca.

Konsultasi ke dokternya? Sudah. Kata yang aku kira 'dokter'nya "Lanjutkan, itu masih dalam proses mengeluarkan darah kotor. Itu proses detox" Ya kalau sebulan beres bisa saja aku tahan, 6 bulan masih juga? Hitung-hitung malu, hitung-hitung mahal, hitung-hitung lama dan masih jauh dari hasil. Rugi dong! Kenapa tidak ada cara lain selain dikeluarkan melalui wajah? Jengkel, itu yang kurasakan. Memang hal ini individual sekali terjadi. 'Tergantung kulit masing-masing', otomatis karena hal ini aku jadi merasa banyak sekali kotoran dibalik kulit wajahku. 

Dengan emosi, aku berhenti mendadak dari produk dokter. Padahal, seperti yang pernah aku tulis disini, produk detox harus dilanjutkan sampai berakhir inflamasinya (sampai sembuh, tidak ada darah kotor lagi). Sayangnya yang aku tidak tahu saat itu, ternyata ada aturannya jika ingin berhenti dari produk dokter. Harus bertahap. Jangan langsung berhenti semuanya dalam satu waktu. Berhenti perlahan dari sabun hingga ke krim malam. Jika berhenti semuanya, kulit bisa 'ngambek'.

Benar saja. Setelah berhenti, walau jerawatnya tidak separah waktu masih pakai produk dokter, tetap saja wajahku selalu berjerawat. Masih terhitung banyak jerawatnya. Masih malu lah buat ketemu orang. Berkali-kali aku kembali ke skincare-skincare lamaku, ternyata kulit ini masih juga ngambek. Keadaan sepeti ini berlanjut sampai awal 2013. Disaat kebingungan skincare, aku sempat berpikir produk Korea yang terkenal super mahal dan super bikin wajah licin seperti Sulwhasoo, The History of Whoo, atau SK-II. Sekalian hajar mahal saja buat sembuh, pikirku. Untungnya, aku banyak menemukan review blogger akan skincare lokal yang ternyata tidak disangka kandungannya keren walau super murah! Hingga akhirnya aku memutuskan untuk mengobati breakout wajahku dengan skincare Wardah Acne Series!

Ternyata benar, semut diseberang lautan tampak, gajah dipelupuk mata tak tampak. Dulu aku sempat meremehkan Wardah karena ketidaktahuanku. Kupikir hanya produk lokal yang biasa-biasa saja, harganya juga dibawah rata-rata. Manusiawi, orang bisa saja gengsi beli Wardah karena saking murahnya. Tapi setelah tau Wardah yang bagaikan mutiara yang tak terlihat, aku justru berharap harganya tidak naik-naik, hehe. Siapa sangka produk semurah ini sangat berkualitas? Apa yang menjadikan Wardah ini istimewa?

1. Label Halal
Untuk umat muslim, bersyukurlah kita di Indonesia. Oke, walau semua produk di Indonesia terbilang 'susah legal' jika tidak halal, tapi banyak produk yang tidak di beri label halal. Ini menandakan bahwa mungkin saja mereka sesekali akan memakai bahan pengganti jika bahan utama habis. Bahan pengganti inilah yang tidak terjamin halalnya. Contoh klik disini, cari kata Satin Care Gel dari Gillette. Sedangkan keadaan ragu-ragu seperti ini (syubhat) lebih baik dihindari, karena syubhat bisa mengarah kepada haram.
"..yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas, dan di antara keduanya terdapat hal-hal musyabbihat (syubhat atau samar, tidak jelas halal-haramnya), yang tidak diketahui oleh kebanyakan manusia. Barangsiapa yang menjaga hal-hal musyabbihat, maka ia telah membersihkan kehormatan dan agamanya...(HR. Bukhori) (sumber)
Hitung-hitung berkah, karena yang dipakai jelas halal. Hitung-hitung pahala, karena menjalankan syariat agama itu ibadah. Hitung-hitung yah untung! :D

2. pH balance
Tidak perlu dijelaskan lagi jika formula yang pH balance baik untuk kulit wajah.

3. Non-alkohol
Penjelasannya sih begitu, namun kenapa masih ditemukan benzyl alcohol di ingredientsnya? Benzyl alcohol merupakan turunan dari true alcohol jadi bukan alkohol yg sebenarnya. Fungsinya hanya sebagai zat additive saja. Jadi, benzyl alkohol ini bukan alkohol yang biasa dijadikan antiseptik yang bisa membuat kulit teiritasi (sumber, comment dari Ms. Ami). Benzyl alcohol memang masih tergolong alkohol yang kurang baik, namun coba perhatikan. Dalam Wardah, benzyl alcohol selalu ada dalam urutan 2-3 terakhir. Ini menandakan bahwa kandungannya sedikit. Kalau jeli, banyak skincare yang beredar dipasaran dan banyak orang-orang pakai secara tidak sadar terang-terangan menyantumkan alcohol /ethanol /ethyl alcohol /SD alcohol /alcohol denat di lima deretan ingredients pertama (paling banyak di kedua pertama) (sumber). Jadi si Wardah ini termasuk ramah untuk kulit. Tentang ethanol lebih lanjut dapat dibaca disini.

4. Kandungannya Keren!
Pada beberapa produk Wardah yang aku gunakan, terdapat kandungan seperti microcollagen, squalene, dan aloe vera. Jika kamu pernah membaca review Hada Labo ku, kamu pasti paham kenapa aku sangat menghargai skincare lokal yang mengandung collagen. Ya, kandungan collagen ditemukan pada kosmetik dan suplemen luar yang mahal. Lebih lagi suplemen yang mengandung collagen, harganya selangit! Skincare lokal yang mengandung collagen yang aku tau pun dibawah lisensi asing, seperti Hada Labo dan Masker Collagen Acnes Mentholatum dari Rohto, dan produk asing yang beredar di Indonesia, Optimals Bio Maximum Day Cream dari Oriflame. Tentang microcollagen, aku tidak tau ini lebih baik atau malah dibawah collagen, namun bagaimanapun juga aku tetap mengapresiasi produk ini jika dihitung-hitung sekalian mencintai produk lokal, plus harga murah dan mudah dicarinya.
Squalene atau minyak hati ikan hiu juga bukan termasuk kandungan murah. Kandungan ini juga banyak terdapat pada suplemen mahal. Dan aloe vera? Aku tidak tau kenapa aloe vera susah juga aku temukan di skincare lokal, correct me if I'm wrong. Padahal aloe vera baik untuk mengatasi kelebihan minyak penyebab jerawat. Produk luar yang aku gunakan sebelum aku memakai Wardah line Acne Series ini adalah Bioglo Pure Aloe Skin Perfecting Cleanser dari Ecosway, adalah produk dengan kandungan aloe vera yang baik untuk wajah berjerawat.

Namun perlu digaris bawahi, kesembuhanku ini bukan hanya karena pengobatan luar saja, pengobatan dalam dan tindakan pendukung sangat bersinergi untuk kesembuhan breakout wajahku, tidak karena hanya salah satunya saja. Ingat kan diatas aku tulis jerawat yang berisi darah kotor? Ya! Itu yang mengganggu pikiranku! Jika ingin cepat sembuh, luar dalam harus diobati.

Adalah Jamu Borobudur 'Darsi' dan 'Jerawat' yang membantu proses penyembuhanku. Memang benar, sekalipun kita tidak bisa meremehkan budaya leluhur kita sendiri. Khasiat jamu yang telah diramu turun-temurun sungguh luar biasa dibandingkan suplemen-suplemen mahal. Sungguh bangsa ini kaya akan budaya yang nyaris terlupakan. Sumber daya luar biasa yang seharusnya kita dukung, jadi jangan melupakan siapa diri kita dan dimana kita lahir. Aku awalnya pun tidak percaya, tapi pil jamu ini penolong utama selain skincare diatas.

Ternyata breakout selama 10 bulan terobati hanya dengan sekitar sebulan lebih dengan produk-produk lokal yang harganya murah meriah. Awalnya selama sekitar 2 minggu aku hanya memakai Wardah. Jerawat sih hilang, tetapi bekasnya yang masih terlihat bintik-bintik merah itu tidak pernah hilang dengan cepat. Saat aku mengkombinasikan dengan minum kedua jamu ini, hasil yang sangat signifikan terlihat dalam waktu 1-2 hari. Tentunya proses mengeluarkan darah kotor tersebut tidak melalui wajah, tetapi urin. Jadi aman sekali dan tidak perlu takut malu lagi untuk pergi keluar. Jadi setiap hari minum kedua jamu ini semakin terlihat bersihnya wajah dengan cepat. Plus dengan mengganti kebiasaan pada tips dibawah yang ternyata sangat memengaruhi kesehatan kulit kita.





Inilah peralatan perang yang aku siapkan! (produk Wardah Acne Series diatas dipilihkan langsung oleh beauty assistant-nya dengan wajah penuh harapan setelah dia melihat wajahku):

Urutan dari kiri ke kanan pada foto.

1. Wardah Cleanser Normal to Oily Skin

Mengandung banyak bahan aktif yang tidak hanya mengangkat kotoran pada kulit, tapi juga menutrisi: Ekstrak Witch Hazel (meringkas pori agar kulit tampak lebih halus), Ekstrak Allantoin (memberi rasa sejuk dan melembabkan kulit), Vitamin E (antioksidan, agar kulit tetap segar). Sebenarnya ini dari Basic Series, tapi BAnya menyarankan agar aku pakai untuk membersihkan wajah saat habis dari luar atau jika menggunakan makeup. Jadi, ini tidak akan aku gunakan jika berada didalam rumah seharian. Namun ternyata penggunaan Cleanser tidak dibutuhkan berdasarkan saran dokter kulit yang aku tulis dalam postingan Serba Serbi Dokter Kulit!

2. Acne Cleansing Gel

Mengandung Keratolitik (Asam Salicylate), Oil Control (Zinc Gluconate), Anti iritant (Allantoin). Ini adalah pembersih wajahnya, aku gunakan sekali sehari pada malam hari. Mengapa demikian? Baca tips setelah ini :)

3. Wardah Pore Tightening Toner

Mengandung : oil control (Zinc Gluconate), moisturizer (Aloe Vera Extract), pore tightening (Witch Hazel Extract). Aku gunakan toner ini sekali sehari pada malam hari setelah mencuci wajah dengan cleansing gel diatas.

4. Wardah Sunscreen Gel SPF 30

Double protection untuk UV A dan UV B, Aloe Vera & Pro Vitamin B5 sebagai moisturizer, Vitamin E sebagai antioksidan. Salah banget kalau orang meremehkan sunblock. Lebih baik selalu gunakan sunblock sebelum terkena pengaruh buruk UV A & B. Mirip dengan kandungan pelembabnya, hanya saja kurang triclosan. Jadi untuk kulit berjerawat, sunblock ini aman karena ada aloe vera. Jika rutin menggunakan sunblock, akan terlihat perbedaannya kalau sebelum memakai sunblock kulitmu kusam. Aku gunakan ini tipis-tipis jika berada diluar ruangan pada jam 9-2 siang.

5. Wardah Perfect Moisturizer Gel SPF 18

Mengandung beberapa bahan aktif yang berfungsi sebagai anti bakteri (Triclosan), moisturizer (Aloe Vera, Pro Vitamin B5), tabir surya SPF 18, oil control (Zinc Gluconate). Aku suka banget dengan pelembab ini. Bayangkan pelembab dengan triclosan, aloe vera dan spf 18! x) Aku gunakan ini tipis saja jika berada dirumah atau keluar rumah pada sore hari.

6. Silkygirl Magic BB Cream SPF 25

Beruntung lah Silkygirl merek Malaysia. Lebih-lebih dari Indonesia, Malaysia sangat ketat akan kehalalan produk (sumber). Dan beruntung pula brand ini bisa dibilang kualitas oke, harga pas.

Mengandung Hyaluronic Acid (seperti Hada Labo), tetapi formulanya oil-free sehingga cepat nge-blend, melembabkan dan tidak terlihat berminyak. Melindungi dari UV A & B dengan kandungan PA++ dan SPF 25. Terkandung juga Vitamin E Derivatives. Tau kan kalau BB Cream itu ada healing propertiesnya? Nah aku pilih ini karena berdasarkan review teman-temanku dan blogger, healing properties dari BB Cream ini adalah menaikkan skintone dan jika ada jerawat jadi lebih cepat mengempis. Berdasarkan websitenya juga tertulis "With its Brightening Powder, skin will appear brighter through continuous use of the cream." Benar saja, so far BB Cream ini paling nyaman untuk kulitku yang banyak jerawat.

Sebenarnya pemakaian BB Cream untuk kulit breakout adalah optional. Karena aku tidak berani memakai bedak tabur jenis apapun untuk menutupi jerawat, jadi aku lebih memilih memakai BB Cream. Aku pun memakai ini jika ingin ke tempat-tempat yang tidak tahan malu (semisal kampus dan mall). Untuk keluar dekat-dekat saja aku masih bisa pede dengan wajah monster. Mihihih!

7. Wardah Acne Treatment Gel

Mengandung : Anti bakteri (Triclosan), Anti iritant (Beta Glucan), Keratolitik (Asam Salicylate). Aku gunakan setiap hari pada malam hari setelah memakai toner hanya pada titik-titik jerawat saja. Sesaat setelah dioleskan, akan terasa kerjanya gel ini. Ada rasa gatal dan hangat, dan kerennya keesokan pagi jerawat yang telah dioleskan gel ini selalu menjadi matang atau keluar mata.

8. Wardah Intensive Night Cream

Mengandung Squalane, Olive oil, microcollagen, asam amino dan Vitamin E. Digunakan pada malam hari setelah memakai Acne Treatment Gel (ditimpa). Selalu setiap keesokan paginya bekas-bekas jerawat terlihat lebih memudar, ini pasti karena microcollagennya yang mempercepat proses regenerasi kulit.

9. Wardah Acne Gentle Scrub

Mengandung Anti Bacteri (Triclosan), Keratolitik (Asam Salicylate), Oil control (Zinc Gluconate), Anti Iritan (Allantoin). Fungsinya untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Digunakan 2 hari sekali, jika memakai ini tidak perlu lagi memakai cleansing gel diatas pada hari tersebut. Setelah scrubbing dengan ini benar-benar terasa kulit bersih dan lembut.

10. Jamu Borobudur 'Darsi' dan 'Jerawat' (tidak ada difoto)

Jamu Darsi berfungsi membantu mengurangi jerawat, bisul, gatal-gatal, dan membantu memperbaiki peredaran darah. Khasiat lainnya adalah menghaluskan kulit dan Antiseptik. Sedangkan jamu Jerawat lebih berfokus untuk mengurangi jerawat. Pada kotak kedua jamu ini juga tertulis GMP (Good Manufacturing Practices) Certified, itu artinya diproses di bawah standar kontrol kualitas yang ketat. Produk jamu Borobudur lainnya juga telah memperoleh sertifikasi profesional dan industri: ISO 9001. Jadi kualitasnya sangat terjamin.

Aku beli jamu Darsi dan Jerawat di Hypermart, dapat ditemukan juga pada apotik-apotik lain. Harga satuannya Rp 8.000 dengan isi 100 pil. Dosis minimal adalah 2x sehari @ 5 pil. Dosis dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan, maksimal 4x sehari. Karena sedang perawatan, aku mengkonsumsi 3 hingga 4x sehari untuk jamu Darsi, dan 2x sehari untuk jamu Jerawat. Jadi 1 kotak jamu Darsi untuk sekitar 6 hari, sedangkan jamu Jerawat untuk 10 hari.


Tips Berperang Melawan Breakout!

Inilah tindakan pendukung yang aku lakukan untuk mengobati breakout wajah. Mohon sekali lagi digaris bawahi, tindakan ini juga sangat berperan banyak bagi kesembuhanku, tanpa tindakan pendorong seperti ini dapat dikatakan kesembuhan wajahku tidak akan secepat ini:

1. Cuci muka

Hati-hati jangan salah baca! Aku bukan ingin menyarankan untuk 'perbanyak' cuci muka dengan sabun wajah lho. Aku meyarankan untuk mengurangi cuci muka dengan sabun wajah. Coba ditelaah kembali berapa kali kita cuci muka dengan sabun dalam sehari?

Pertama-tama, aku melihat 5 orang teman cowok. Mereka semua bebas jerawat. Ya walau kulitnya tidak cling-cling putih, tapi kulitnya bisa dikatakan damai-damai saja tidak ada masalah. Mulus-mulus saja. Sawo matang sehat. Aku pun menanyai kelimanya dengan waktu dan tempat yang berbeda. Pertanyaan semuanya sama "Pakai pelembab apa? Pakai sabun cuci muka apa? Seberapa sering cuci muka sehari?" Ditanya begitu mereka pun melongo. Dan hasilnya, jawaban kelimanya sama, kurang lebih seperti ini: "Pelembab itu apa ya? Pake sabun blablabla (berbagai produk yang sering ada di mini market, ada yang sabun wajah, ada yang sabun mandi, euw). Cuci muka ya pas pulang sampai rumah aja, atau pas sholat kan kecuci tuh mukanya." Bahkan satu dari mereka menjawab tidak pernah - OMG! - memakai sabun cuci muka maupun memakai sabun mandi pada wajahnya, alias murni cuci dengan air. Namun wajahnya supeeeer bebas dari jerawat. Kesel dong jerawatan sendiri. Dikira orang jarang cuci muka, padahal banci cuci muka begini. Atas dasar itulah aku mencari artikel tentang cuci muka, dan ketemu!

Alexandra Spunt dan Siobhan O'Connor, penulis buku No More Dirty Looks: The Truth About Your Beauty Products mengatakan bahwa kamu tidak harus selalu mencuci wajah dua kali sehari. Jika kamu tidak memakai makeup dan tidak tinggal di daerah berpolusi, kamu cukup mencuci wajah sekali dalam sehari, bahkan dua hari sekali. Tentunya maksudnya adalah cuci muka dengan sabun.
Membersihkan wajah (terutama dengan bahan keras, misalnya alkohol) dapat menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit, sehingga kulit mengalami kekeringan dan memudahkan terjadi infeksi dan masalah kulit yang diakibatkan oleh bakteri. Maka jangan heran jika wajah semakin berjerawat. (sumber)
Jadi benar saja jika teman-teman cowokku itu damai dari jerawat. Sedangkan dengan sering sholat (sering wudhu) atau sering cuci muka dengan air, berarti semakin baik untuk kebersihan kulit (klik disini untuk melihat pengalaman orang). Pernah liat kan kalau cowok cuci muka pas wudhu? Kenceng banget usap wajah hingga bersih, kalau cewek justru takut-takut membasuh wajahnya karena takut pelembabnya luntur. Bahkan aku dulu sering bandel, hanya menyiram wajahku dengan air karena saking takut pelembabku luntur, hehe.

Jadi kebiasaan banci cuci muka ini aku ganti dengan:
  • Mencuci muka sekali sehari memakai sabun wajah, yaitu pada malam hari sebelum tidur.
  • Setiap berwudhu (membasuh wajah), aku benar-benar membasuh wajahku hingga tidak ada rasa licin pelembab yang masih menempel.
  • Membawa sunblock. Jika di luar rumah kondisi wajah sudah bersih dibasuh dengan air (setelah wudhu), setelah itu tidak perlu reapply toner atau pelembab. Hanya gunakan sunblock tipis-tipis.
  • Jika di dalam rumah, kondisi wajah sudah bersih dibasuh dengan air, tidak perlu reapply toner atau pelembab, bare face saja.
  • Jika seharian dirumah saja, aku mencoba untuk rutin malas menggunakan skincare (hanya menggunakan Wardah Acne Treatment Gel pada bagian yang berjerawat sebagai antibakteri pelawan jerawat) dan menggilai air, ngik? Karena alasan diatas tadi, agar produksi minyak alami yang dihasilkan kulit tidak semakin sedikit. Lagipula kulit berminyak sebenarnya menguntungkan, karena memperlambat aging kulit. Jadi, usahakan malas cuci muka dengan sabun wajah dan memakai pelembab, tetapi sering-sering lah cuci muka dengan air.

2. Setia!

Setia sama satu produk saja! Hilangkan lah kebiasaan kecentilan melihat produk baru, hehe. Cobalah seperti para lelaki cuek diatas. Mereka - yang telah aku investigasi - ternyata lamaa pindahnya dari suatu produk ke produk lain. Ganti produk hanya 2-3 kali seumur-umur dengan rentang waktu yang lama, misalnya SMP ke SMA. Jika kamu tertarik dengan suatu produk, selalu bandingkan dengan produk lain entah itu kandungan ataupun harganya sebelum membeli, agar kamu bisa intense menggunakan produk tersebut seterusnya. Misalnya sekarang pake Sulwhasoo, eh kantong bolong! Bulan depan tidak kuat membeli, akhirnya beli yang lain yang lebih murah lagi. Hati-hati ngambek lho kulitnya!

3. Hindari Treatment atau Terapi Detox

Ya kalau proses detoxnya keluar melalui urin tidak masalah, yang perlu dihindari adalah proses detox yang keluar dari wajah. Pernah dengar Ceragem? Sempat awal-awal tahun ini aku juga rutin terapi Ceragem karena diajak teman. Katanya, orang-orang yang tadinya jerawat beruntusan juga bisa sembuh dengan ini. Namun saat aku rutin sekitar 3 minggu, muncul 1-2 jerawat besar seperti saat aku masih menggunakan produk dari dokter. Bahkan lebih besar dari yang dulu, sekitar 1 buku jari telunjuk! Saat itu aku baru awal-awal memakai Wardah (kira-kira semingguan), jadi kaget dong aku kira aku tidak cocok memakai Wardah. Selidik punya selidik, ternyata si Ceragem ini mengeluarkan darah kotornya lewat wajah! Bahkan si owner tempatnya sendiri juga berkata demikian. Yah sama aja dong! Setelah menghentikan terapi ini, selama 2 minggu kemudian jerawat besar itu tidak muncul lagi. Cape kan?

4. Kurangi makanan berlemak dan berminyak

Kurangi, bukan tidak sama sekali. Manusia juga butuh energi dari lemak, dan tidak mungkin makan makanan tanpa minyak. Kalau mau diet gandum itu lebih baik lagi, tapi aku orang Indonesia asli, jadi pasti ada nasi ada lauk, nyam!

5. Memegang wajah dan memencet jerawat

Ya, inilah yang paling sulit dihindari. Tidak terasa tangan kita sering lupa sudah gerayangan kalau ada jerawat matang atau bekas jerawat, tak terkecuali aku. Tapi menekan-nekan wajah dengan tangan hanya akan menyebarkan bakteri lagi ke seluruh wajahmu. Alhasil gugur satu, tumbuh seribu. Ibarat bom waktu, tinggal tunggu keluarnya saja. Jadi kurangilah sebisa mungkin kebiasaan ini.

6. Bedak?

Untuk kulit breakout? Big NO! Entah kenapa aku susah percaya bedak jenis apapun - baik yang katanya bagus untuk jerawat. Lebih baik tunda dulu dan gunakan BB cream yang kompatibel untuk kulit berminyak dan berjerawat.

7.  Sedia masker sebelum disemprot!

Kebayang kan polusi disekitar kita saat ini? Bayangkan asap Bus yang hitam-hitam itu menempel pada wajah, sudi kah? Euw! Jadi jika keluar dengan kendaraan beroda dua atau angkutan umum, ada baiknya gunakan masker putih hijau yang sering dijual di apotik-apotik.

8. Vitamin C

Sudah tau kan fungsi vitamin C untuk kulit? Vitamin C sebaiknya dikonsumsi langsung dari makan buah atau minum jus. Tetapi memang aku tidak ada waktu, jadi aku beli suplemen vitamin C kapsulan, hehe.

9. Teman

Untuk curhat? Berbagi galau jerawatan? Bukan bukan, teman disini berguna untuk mencermati dan membatasiku. Kadang kita suka tidak sadar sampai mana perubahan perawatan yang sedang kita jalani, namun orang terdekat kita lah yang justru lebih cermat menilai. Dan teman disini akan memarahimu jika kamu tidak sadar menyentuh wajah atau jelalatan lirik skincare lain yang ujung-ujungnya tidak sadar beli padahal masih dalam perawatan suatu skincare, hehe. Mintalah sahabat atau orang terdekatmu agar jadi banci bawelin kamu.

10. Ikhlas dan sabar

Ini merupakan bagian yang teramat penting kedua dalam tips ini. Saat wajah sedang breakout, tidak pernah sekalipun aku ikhlas. Malu, jengkel, sedih, semua perasaan negatif muncul dan bercampur. Kemana-mana bawaannya suram. Jalan-jalan sama teman males, lihat cermin stres, mau difoto menghindar karena takut jelek didepan orang lain, belum lagi jika ada yang nyeletuk atau nanyain tentang jerawat. Hal seperti ini yang membuat penyakit baru. Tanpa disadari, selain wajah kita sakit, jiwa kita juga sakit. Pernah dengar law of attraction? Hukum tarik menarik, jika semua perasaan negatif sudah terkumpul, yang datang pada dirimu justru semakin memperburuk kondisimu. Jika kamu senang atau mengumpulkan perasaan positif, yang datang adalah kesembuhan dan hal-hal yang membahagiakan lainnya.
Memang susah menerima diri kita sendiri dalam keadaan seperti ini. Aku pun begitu, nightmare banget dalam hidupku. Untuk itu, mindset kita perlu diubah. Bagi yang muslim, pasti tau kalau sakit itu bentuk ujian dari Allah, sedangkan ujian itu jika bagi kita berat semakin berpahala lah kita. Belum lagi sakit adalah takdir, jadi ada alasan dari Yang Maha Bijak memberi kita sakit. Dan sakit serta musibah adalah penghapus dosa, itulah bukti sayangnya Yang Maha Penyayang kepada kita. Jadi apa pantas nih masih sedih? :)
(sumber-sumber dan bahan bacaan untuk menenangkan hati klik disini, disini, dan disini)

11. Doa

Agak nyambung dengan yang tadi nih. Ini bahkan bagian yang paling penting pertama dan yang paling terlupakan, hehe hayo ngaku! Jika semua usaha sudah dilakukan, masa sih tidak mau minta ridho-Nya? Padahal Dia yang punya kuasa menghilangkan sakit dan musibah lho. Manusia lumrahnya berusaha, setelah itu doa dan pasrahkan kepada Allah agar kesembuhannya diberkahi dan diridhoi, karena hanya Yang Maha Menentukan bisa merubah takdir sakit itu :)
(sumber-sumber seperti pada poin sebelumnya)

Semoga tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkan :)

100 comments:

  1. Harga BB cream nya brpaa ? Pgen nyoba dch ^^

    ReplyDelete
  2. Saya juga baru pake Darsi lho XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mencoba dear, kalo sudah selesai coba bisa share reviewnya :)

      Delete
  3. Replies
    1. thanks utk apresiasinya, semoga bermanfaat :)

      Delete
  4. Aku jg sedang jerawatan parah kak. Pengen nangis rasanya. Apalagi kalo jalan sama pacar, berasa handsome and the beast. Mana dia terang2an bilang pengen mukaku bersih. Nangis deh akunya. *curhat
    Pengen beli darsi, di apotek ada kan?
    Dah desperate bngt sama jerawat. Aku kudu gmana kak? :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, sebentar ini breakoutnya karena pernah make krim putih kuning (krim bermerkuri) ato karena puber ya? kalo krn pernah pake krim abal2 berarti udah kena racun merkuri, saran banget si minum chlorella spt yg aku tulis diposting ini:
      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/06/solusi-mengeluarkan-merkuri-dari-tubuh.html

      temenku minum chlorella kondisi kulit & rambutnya yg rontok (krn keracunan merkuri) skrg udah membaik, aku juga baru mau coba minum ini, dia belinya di stokis ecosway terdekat cuma 150rb. tp klo krn jerawat puber ya darsi pun cukup :)

      Delete
  5. Gak kak, aku gak pernah pake krim putih kuning itu (brusan dikasih kakaknya pacar, tp ga brani pake, aku gugling dan nemu blog km kak, dan ciri2 krim'nya plek kyk yg kakak tulis).
    Umurku dah 20an, jd gak puber lg..
    Dulu aku gak jerawatan, tapi 3 tahun lalu, jerawat mulai menyerang (entah hormonku berubah, entah krn cuaca dan polusi)
    Bekasnya item2 ini jg bkin gak PD,. Gmana biar cpet ilang ya kak?

    Ada yg nyaranin minum bersih darah, tp masih takut.
    Dan ga tau harus beli merk apa.

    Nah aku jd pengen darsi krn kakak dah nyoba. Belinya di mana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh gitu, darsi bisa dibeli di apotik terdekat kok dear, atau di http://www.jamuborobudur.com/
      kalo dari website resminya bisa gratis ongkos kirim kalo pembelian 100rb. menurutku si jamu aman2 aja kalo mereknya jelas dan uda ada BPOMnya dear, klo aku sendiri milih yg borobudur krn sudah ada GMPnya :)
      tp bagus km hati2 thdp produk2 sebelum konsumsi :)
      ada juga saran dari dokter kulit ttg jerawat, bisa dibaca disini:
      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/serba-serbi-dokter-kulit.html

      btw sebenarnya jerawat ato bekas jerawat ya? krn penanganan bekas jerawat sendiri berbeda. penanganan bekas jerawat itu bisa minum minuman atau memakai kosmetik yang mengandung kolagen (collagen) krn dia mempercepat proses penyembuhan luka & regenerasi sel. ada juga kosmetik sejenis snail cream atau bisa juga memakai kosmetik dgn kandungan whitening. dengan catatan kondisi kulit tidak breakout (jerawat parah & ada calon2 jerawat dibawah kulit), kalo jerawat 1-2 itu uda normal dear. tapiii, kalo kamu super takut urusan kosmetik krn merasa dikit2 kulit 'ngambek' (berarti ada masalah), ada baiknya si ke dokter kulit, yg bener2 dokter kulit lho ya spt pada link postingan yg aku kasi tadi :)

      Delete
  6. Mukaku diserang jerawat besar, kdg jerawat batu. muncul tiap minggu, bekasnya tu ilangnya lama, jd bekas blm ilang, jerawat muncul lagi. Jadinya banyak sekali bekas jerawat yg mengganggu XD

    Iya aku kmrn lgsung gugling lho kak bgtu dikasih krim. Kok menakutkan gt :D

    Btw, makasih banyak kak dah dikasih ilmu. Suka bnget ama blog ini, yg punya blog jg ramah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo jerawat besar coba diperhatikan makanan ato kegiatan yg km lakukan, mungkin aja km konsumsi makanan/minuman atau obat2an lainnya yg mempengaruhi hormon. bisa juga krn salah kosmetik, misalnya pemakaian cleaser yg berlebihan jd menyumbat keluarnya minyak sehingga tertumpuk di pori2. sama2 dear, senang bisa membantu :)

      Delete
  7. aku pake wardah acne series cuma moisturizer sama cleansing gel nya doang, tapi emang lumayan bikin jerawat kempes, tapi gak bener-bener ilang, dan bekasnya pun susah ilang, bedak wardah juga kurang cocok karena klo keringetan jadi kayak luntur gitu dan jadi keliatan aneh~ terus klo silky bb cream aku juga udah pernah nyoba tapi malah jadi tambah banyak jerawat ku ):
    klo yg treatment gel nya blm pernah nyoba, tp dikasih gel itu malah tambah mateng ya jerawat nya? jadi takut >.< anyways bermanfaat blog nyaaa makasih ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, perawatan utk bekas jerawat beda dgn perawatan utk jerawat, mending utk bekas jerawat pake yang mengandung collagen (minum atau oles). whehe klo kulit acne prone mending jgn main2 sm bedak dear, ga saranin banget mending langsung bb cream aja. liat juga pemakaian cleansing milk/ makeup remover, biasanya abis pake makeup kita malah pake 2 itu kan, nah menurut dokter kulit ga perlu pemakaian itu krn bisa menyumbat pori2, dicuci pake cleanser biasa lebih bersih.
      treatment gel iya bikin mateng, malah enak kok abis itu dia kempes sendiri :) hehe sama2 dear, makasi uda mampir :)

      Delete
  8. Mba mau tanya. saya juga bernasib seperti mba karena pakai cream putih kuning wajah saya jadi gak beres. berjerawat kecil2 dan udah 3 bulan tidak menggunakan pembersih apapun dan cream apapun (cuma pakai madu) tapi tetap saja muka saya belum beres (jadi tdk enak dipandang.hehe walaupun tidak terlalu kelihatan). trus saya kemaren pakai facial wash'a ward*h. eh malah tambah menjadi2 jerawat kecil2'a di area hidung. terus kira2 saya harus bagaimana ya mba? saya ingin cepat sembuh setidak'a melihat sedikit berkurang jerawat'a. makasih yah mba. mohon di balas yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang kondisinya sudah parah, lebih baik ke dokter kulit say. temenku yg keracunan parah itu bener-bener no hope banget liatnya, sekarang tekstur kulit wajahnya udah jaaauuh beda dari dulu. dulu kulit wajahnya yg keracunan merkuri itu kena serum rambut sedikit aja langsung merah, itu menandakan kulit dia uda teriritasi banget. cari dokter kulit yg bener2 tertulis spkk dibelakang namanya ya dear. coba baca postinganku yang serba-serbi dokter kulit, disitu aku tulis banyak tentang dokter kulit:
      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/serba-serbi-dokter-kulit.html
      semoga bisa membantu :)

      Delete
  9. selamat pagi, aku mau tanya kalau pakai darsi saat bulan puasa gini, dapat diminum saat buka puasa dan sahur saja ga ? kalau iya berapa takarannya. terus kalau sedang haid boleh minum darsi ga ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dear, tentang puasa itu aku gatau. tapi hati2 aja kan kita puasa pasti dehidrasi, dan darsi mengeluarkan racun dalam darah. aku gatau disini ada sinkronisasi atau ga, tapi analoginya gini: antara detox dengan dehidrasi dua2nya buat tubuh kita lemes, nah takutnya nanti kita ga kuat puasa. untuk efek lainnya itu yang ga aku tau.
      klo untuk haid juga aku gatau, klo berdasarkan yang tertulis di deskripsi websitenya:
      http://www.jamuborobudur.com/shop/jerawat-gatal-eksim/darsi-100-pil/
      itu ga ada tentang larangan haid di anjuran pemakaian, jadi mungkin ga masalah. coba tes 1 hari dulu, kan ada orang yang lagi dapet pusing banget, kalo ditambah detox bisa tepar nanti :))

      Delete
  10. mba salam kenal. Saya dikin cwo berumur 21th. Muka saya jerawatan. Dulu saya perawatan di natasha skin care. Cman sekarang sdah berhenti karna takut akan krimnya yg menurut temen saya bahaya. Sekarang muka saya sdng mengalami breakout besar2an. Karna saya berhenti tiba2 perawatan natasha. Mba sekarang sya harus berbuat apa dg muka saya yg sekarang seperti ini...
    Seya bener2 bingung. Saya mau kedokter kulit tapi saya takut, dikasih krim2 bahaya buat muka saya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mas, dulu itu maksudnya tahun brp ya? kalo yang saya tau, krim natasha pernah ditarik BPOM tahun 2009, kalo ga salah whitening cream II. akhirnya mereka ga ngeluarin krim itu lagi dan mengganti krim dengan fungsi sama yang disetujui BPOM. untuk masalah breakout karena berhenti suatu produk biasanya itu krn masih baru perawatan, memang sudah berapa lama ya perawatan di natasha? kalau memang pokok masalahnya karena tidak cocok di natasha, lebih baik pindah dokter kulit. natasha sendiri bukan dokter kulit spkk, melainkan dokter umum.
      please note: dokter kulit tidak memberikan krim berbahaya lho, yang saya sebutkan krim berbahaya itu krim gajebo yang ga diketahui pembuatnya, dokternya siapa. warnanya putih kuning.
      jangan juga sering2 trial error untuk masalah kulit, kalau memang parah lebih baik ditangani dengan ahlinya, cepat2 temuin dokter kulit terbaik dikota kamu. ini saran tentang dokter kulit bisa dibaca dipostingan berikut:
      http://anneshajunkies.blogspot.com/2013/05/serba-serbi-dokter-kulit.html
      semoga bermanfaat ya :)

      Delete
  11. Hi Anne.. Mau tanya opini km. aku kan ga pernah k dokter kulit sebelumnya paling cm pake skin care dr drug store aja. Tapi skrg ini jerawat aku lg ga bersahabat bgt timbulnya heboh bgt,pdhal biasanya klo haid paling bnyk 2 doang. Menurut km perlu gak sih aku k dokter kulit?. Gambling bgt mau k dokter kulit apa gak. Krn takut malah makin bnyk jerawatnya krn detox atau jd tambah parah klo ga pake obat dokternya. Please advice me what should i do? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, maaf responnya telat banget, akhir2 ini udah sibuk susah onlen lagi hehe. menurutku kalo ga ada keluhan si lebih baik gausa. tapi kalaupun mau bisa aja untuk perawatan, cari2 info aja doket kulit terdekat yang bagus & produknya ga bikin flare up di awal pemakaian, yang paling penting si gelarnya ga dokter umum, tapi SpKK. ;)

      Delete
  12. hay, aku mau nanya, aku sekarang lagi pakai obat dokter trus aku mau ganti sama wardah, kira2 wardah cocok gak ya buat aku? jerawatnya tinggal dikit, cuma bekas2nya yg kehitaman dan kemerahan.. oiya, aku juga minum darsi, Alhamdulillah membantu bgt hilangin jerawatku yg lumayan gede pas puasa lalu, skrg sih darsi ku udh mau habis, tapi kata org remaja seperti kita jgn minum pil jamu dulu katanya ga baik buat kandungan. jadi sebaiknya setelah darsi ku habis aku berhenti aja minumnya? kalo kamu masih minum pil darsi ga sampai skrg? makasih yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, aku udah ga minum darsi smp sekarang. dulu waktu breakout parah aja yg smp jerawat batu bertubi2 disetiap bagian wajah, skrg udah ga ada kyk gitu lagi, ya paling jerawat mau dapet 3-5 itupun normal. kalo lagi pake perawatan dokter kulit cocok ngapain dilepas? menurutku kalo urgensi mau melepasnya bukan karena biaya yang mahal yah sayang aja si, kalo kulitmu udah cocok sama dokter itu ya. bukan produk abal2 yang krim malem warna putih, krim pagi warna kuning kan?
      kalo pun benar-benar mau melepas ketergantungan produk dokter kulit ada stepnya, bisa baca2 di forum female daily thread berikut:
      http://femaledaily.com/showthread.php?t=4420
      hati2 kalau asal berhenti kulit kita bisa ngambek :)

      Delete
  13. mba, aku baru seminggu makai rangkaian wardaha cne series.. tapi kenapa ya mukaku tambah ancur, terutama dibagian dahi. padahal poni saya selalu saya angkat. sampai sampai saya gak berani ngeliat muka saya sendiri.
    tadinya saya berobat ke dokter dan cocok. karena saya mau mencoba yg murah, malah akhirnya jadi begini :"( rasanya mau nangis kejer

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, please note ya: kulitmu yang infeksi atau produknya? produknya kan sudah jelas legal dan bahannya baik, jangan katakan murah malah akhirnya jadi begini, itu berarti menjudge produk "murahan", padahal murah juga bisa berkualitas.
      melepas ketergantungan produk dokter kulit harus satu2, gabisa main lepas dan langsung ganti. langsung ganti bisa jadi "BLAR"!
      tolong baca baik2 forum female daily thread berikut:
      http://femaledaily.com/showthread.php?t=4420
      disitu banyak sharing cara mereka berhenti dari produk dokter :)

      Delete
  14. say mau tanya, kan cleansing gel dipakai cuma mlm hari aja ya? trs paginya sebelum beraktifitas cuma cuci muka tanpa sabun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, iya karena sayang aja ga kena polusi cuci muka pake sabun, kalo bisa pake waslap aja atau sponge seperti konjac sponge dari korea, bisa dicari di matahari/ online shop terpercaya. itu ngangkat minyak berlebih setelah bangun tidur :)

      Delete
  15. mau tanya dong, saya pake silkygil bbcream tapi yg saya punya spfnya 30, apa dah diperbaharui yah? terus kalo kamu pake bbcream sebelumya pake apa dulu? makasih yah sebelumnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mungkin juga, itu padahal aku masih packing lama silky girl spf 25 nya. aku pake bb cream selalu silky girl mengingat sangat affordable dan bb cream itu kan abisnya lama, apa lagi kalo makenya dikit2, sayang aja kalo beli mahal2 hehe :)

      Delete
  16. sist bagus banget infonya..bermanfaat banget sist..ak mau nanya kalau jamu pil jerawat merek apa sist?bales y sistt makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 say :) kalo aku dlu pake darsi, bisa juga sm pil jamu borobudur lainnya yang mengatasi jerawat :)

      Delete
  17. Hy sis lm knl ..klo blh tau bb y mrek ap??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bb creamku silky girl dear, seperti yang tertera diatas :)

      Delete
  18. halo mba.. kmrin aku baru beli cream tp msh takut2 gitu mw pakenya.. nah pas baca blog mba aku jd penasaran, cream putih kuning y mba mksd itu cream apa yah?? soalx y cream y aku beli warnanya ky gitu jg (RE: cream Dr-Pure yah mba??)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bknny dr.pure wrn kuning n cream gt y?? :)

      Delete
    2. hi dear, maksudnya krim yang wangi2 parfumnya ketara banget dengan krim pagi berwarna putih seperti pearl tapi tidak rata, dan krim malam berwarna kuning mentega (bukan kuning padat foundation).

      Delete
  19. selamat malam mbk....
    mf apbl neni ganggu....
    neni mau tanya tentang wardah acne series, boleh????
    neni khan baru pertama kali memakai wardah acne series,
    mbk kl memakai acne cleansing gel tu tiap cuci muka misal pagi,siang, sore n mlm boleh ga???
    trz koq neni ru pakek disekitar mulut dan hidung koq ad bintik2 merah/bruntusan gt ya????
    apa obtx menyesuaikan dg wajahq?
    kl mbk sndri gmna awal memakaix???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, aku pakai acne series saat waktu breakout justru, saat kulitku beruntusan banyak jerawat. justru itu ga ada efek macem2 kalo aku liat dari kandungannya dear, bukan seperti AHA juga yang ada pantangannya. coba kamu peratiin siklus haidmu, cewe kan tiap bulan selalu ada jerawat sebelum/ setelah haid, so it's normal :)

      Delete
  20. Hi mb, q mw cerita sdkit kisahq nie + mw minta pendpat mb, mhon d balez y,hehe.... Sbelumny mksh nie reviewny, bgus bgt, jd kecntol pngen beli wrdah,hehe. Cz skrank wjahq lmyn bnyk nie jewi2ny....dlu smpet pke produk yg kt tmenq produk dkter daerh smg, truz stlh kira2 1 thn pemkaian (q pke produk skitar pertengahan 2011 mlai berhenti berthap pertengahn 2012) q berhenti secra berthap, pie jerwt jd pda bermunculn (mpe skrank). Stlh q bner2 berhenti (skitar awal 2013) q mlai pke sariayu (facial foam, cleansing, toner, pelembab + intensive acne care) jerwt kdank mengerink wlw lama, pie jerwt msh ja bermunculan.... Klo menrt mb, tu krn q g cocok pke sariayu atw gmn y? (slama proses da jerwt q mlai perbnyk minum aer ptih + mengurangi mkanan berlemak + akhir2 nie rajin minum teh hijau, cz ktny teh hijau bsa nyembuhin jrwt) & kira2 klo q pindah k wrdah gmn y + harga satuan produk wrdh yg mb pke d atas brp y? mksh :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, coba kamu rutinin satu produk dulu kalo produk tersebut memang kamu sukai. emang setelah pake krim2 gajebo masalah kulitnya banyak banget, aku dan temen2ku yang jadi korban krim ginian jerawat ga henti2nya muncul lho. perjuangan banget apalagi kalo mau pake produk khusus yang dia punya efek bikin purging diawal2 seperti hada labo, SK-II facial treatment essence, dan berbagai produk yang mengandung AHA. tapi tekunin aja, misal temenku udah percaya banget sama hada labo & acnes, dia tekunin itu setahunan lebih smp jerawat2 udah ga nongol lagi. rutin kuncinya, percaya deh semua yang parah masih bisa diatasi, aku liat juga gimana temenku yang mukanya isinya jerawat semua seperti babak belur tapi sekarang mulus, percaya deh ga ada yang fatal selama kita masih bisa berusaha :)

      Delete
  21. hai sist, salam kenal ini aku vivi
    aku udah lama punya problem sama jerawat .. sampai aku frustasi sendiri gimana ngatasinya.. udah make banyak produk anti acne tapi kok hasilnya belum keliatan juga ya sist :(
    itu jerawat munculnya sering banget lagi , kalo yg satu mulai ilang pasti yg lain udh mulai numbuh
    aduhh aku baiknya pake produk apa ya sist ?

    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, coba kamu rutin sama 1 produk aja, terus kalo kamu jerawatan bukan berarti itu buruk, hormon usia muda emang rentan banget naik turun, jadi coba pikir positif dulu karena jerawat makin dipikirin itu bagai gugur 1 tumbuh seribu seperti yang dokter kulit bilang ke aku, saran yang paling ampuh itu jauh2 dari kaca :)
      ada nih produk yang baik untuk kulit bermasalah seperti itu, aku lagi pake2nya karena memang produk ini sedang 'in' sekarang. coba produk yang mengandung galactomyces ferment filtrate atau pitera, googling2 aja tentang kandungan itu. produk yang mengandung itu ada SK-II facial treatment essence tapi ini harganya mahal berhubung memang brand high end banget, ada versi koreanya yang sangat terjangkau yaitu Secret Key Starting Treatment Essence, kemudian ada juga produk jepang yang affordablenya Purebess 100% Galactomyces. kalo kamu takut beli di online shop, mending kamu beli di situs resmi seperti misalnya di www.secretkey.co.id :)

      Delete
  22. haay anneshan, udh lama ga online nya yaah, mau tanya via email boleh? :) atau media lain yg fast response, krn kayaknya udh jarang main ke blogspot ya, hehe. thank you. (btw aku ada chat kamu di google plus juga)

    ReplyDelete
  23. Hi kak, aku baru mau coba produk wardah yang acne series ini. aku baru kelas 2 sma, sebelumnya cuma pake ponds aja, cuma kurang maksimal kulitku masih berminyak banget dan komedoan gt. jerawatnya sih jarang2 aja kak. kira2 kalo mau ganti wardah langsung pakai aja serangkaian produknya atau ada perawatan khusus dulu sebelum pakai wardah ini?
    Makasih sebelumnya kak^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, kalau skincare seperti itu sih jarang butuh perawatan khusus, lain halnya dengan produk dari dokter karena tergolong obat :)

      Delete
  24. hai kaa, aku sempat beberapa bulan lalu diserang jerawat banyak dipipi dan kening, awalnya aku ga panik karena memang kulitku ini oily bgt, aku akuisih aku sempat berkutat dengan krim krim gajebo itu tapi aku sudah berhenti dan aku pakai rangkaian acnes mentholathum itu cocok ko, tapi waktu itu gabisa diandalkan buat jerawat ku yang semakin menggila, akhirnya aku ke dokter kulit aku dikasih obat minum dan krim tapi baru berjalan 2minggu aku mengalami alergi karena obat dokter itu sampai aku mengalami pembengkakan di daerah pelupuk mata ku, akhirnya aku berhenti dari obat obat dokter itu aku mencoba cara alami. bener bener alami ka cuma mengandalkan tanaman dan buah buahan, alhamdulillah kondisi wajah ku makin membaik dan sudah tidak iritasi lagi, lalu aku coba pakai skincare dari the body shop yang line tea tree, dan jerawatku semakin membaik tinggal bekasnya aja ka yang masih merajalela, tapi pori poriku jadi besar dan sering muncul jerawat kecil kecil dan kadang tanpa mata ya walaupun ga keroyokan kaya dulu, tapi kulit ku jadi super oily plus kusam, gimana ya ka cara merawat wajahku yang gampang bgt jerawatan ini, thanks kaa :) follow aku ya kaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, kulitmu ceritanya sama bangeeeet ya sama aku hahaha. kulitku juga super dupeeeer oilyyyy, sampai aku kena krim2 gajebo itu jerawat keroyokan dateng diseluruh permukaan wajah, pulihnya emang butuh waktu, tapi yah sabar lah itu memang pengalaman buat pelajaran berharga banget, untung belom ngalamin hal2 jauh lainnya #malahcurcol! hahaha
      tapi yah dear, jerawat seperti itu cuma kasi tauin bahwa kulit kita sudah membaik dari yang dulu, apalagi kita cewe ngalamin siklus menstruasi yang tiap bulan pasti bikin jerawatan. nah untuk produknya nih, aku lagi saranin banget yang mendandung pitera, aku copy paste dari balesan komentar sebelumnya ya:
      coba produk yang mengandung galactomyces ferment filtrate atau pitera, googling2 aja tentang kandungan itu. produk yang mengandung itu ada SK-II facial treatment essence tapi ini harganya mahal berhubung memang brand high end banget, ada versi koreanya yang sangat terjangkau yaitu Secret Key Starting Treatment Essence, kemudian ada juga produk jepang yang affordablenya Purebess 100% Galactomyces. kalo kamu takut beli di online shop, mending kamu beli di situs resmi seperti misalnya di www.secretkey.co.id :)

      Delete
  25. hai mba, aku mau tanya nih aku udah ganti2 skin care, dan yg terahir ini aku udah bener2 gatau harus gimana lagi, aku emg gada jerawat yg separah itu cuman bekas jerawat sama komedo yang ada dimuka sama muka serasa kusam bgt. tolong sarannya mba aku pengen coba pake produk lain dan coba berenti pake krim dari skincare. trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, untuk bekas jerawat paling ampuh itu collagen, kalau bopeng2 dalam mending dilaser aja, coba juga dicombine sama skincare yang mengandung pitera, aku copy dari balesanku di komentar sebelum2nya aja ya:
      coba produk yang mengandung galactomyces ferment filtrate atau pitera, googling2 aja tentang kandungan itu. produk yang mengandung itu ada SK-II facial treatment essence tapi ini harganya mahal berhubung memang brand high end banget, ada versi koreanya yang sangat terjangkau yaitu Secret Key Starting Treatment Essence, kemudian ada juga produk jepang yang affordablenya Purebess 100% Galactomyces. kalo kamu takut beli di online shop, mending kamu beli di situs resmi seperti misalnya di www.secretkey.co.id :)

      Delete
  26. makasih sist, infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  27. waaaah.
    makasiiiiih bangeeeeet.
    infonya amat sangat membantu.
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 dear, makasi juga yah udah mampir! senang bisa membantu ^^

      Delete
  28. mau tanya jdi sebenernya moisturizer itu ga usah ya? (buat umur 20 an) jdi sebaiknya pake sunblock aja? (baca postingan serba serbi dokter) tp dri wardah yg acne series nya kan disaranin nya pake Wardah Perfect Moisturizer Gel SPF 18... jdi mendingan pke yg mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lebih baik hanya sunblock dear, tapi beda halnya kalo kulitmu bermasalah/ butuh perawatan khusus seperti jerawat, bekas2 jerawat dll. yah kalo dari brandnya memang mereka saranin itu, tapi ga dipakai juga ga masalah kok, selama wajahmu tidak butuh perawatan khusus :)

      Delete
  29. mbak mau nanya dong, kalo pake wardah yang acne treatment gel itu kan langsung bikin jerawat mateng. apa jerawat yang mateng itu harus dikeluarkan matanya, atau dibiarkan sampe kempes sendiri?

    karena pengalaman kalo jerawat yang nggak dikeluarin matanya, suatu saat dia akan muncul di tempat yang sama -_- jadi jerawat musiman gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah, jangan dipencet say nanti mukanya bolong2 lho. coba baca postinganku tentang dokter kulit deh. kata dokter kulit itu yang bikin muka bolong2 kan saat kita di facial di klinik2 yang beauty assistantnya ga tau jerawat ga boleh dipencet, main pencet2 aja jadi membekas ga nutup lagi :O

      Delete
    2. sekarang kan sdh nggak pernah aku pencet mbak
      trus jerawatnya kering, tapi masih kayak mendem gitu didalem kulit, gimana ya mbak? :(

      Delete
  30. Mbak,ak dlu prnh pakai wardah paket jerwt krna ad 1-3 jrwt.tp gak cocok,trs ak pndh2 obt jrwt.muka ku skrg kndisi ny rusak parah.ak pakai obat dokter,tp jd tmbul lbh byk jrwt.dsruh stop sm dokternya.mnrt mbak,ap ak balik kwrdah aj?kl darsi it gak buat jrwtn kn mbak?kl darsi d kmbinasikn minumnya sm chorella blh gak?tlg bls y mbak.pliss

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, obat dokter itu dokter spesialis kulit (spkk) atau dokter biasa ya? saranku kalau kondisi rusak parah emang mesti ke dokter spesialis kulit dulu. kalo mau perawatan ringan coba beli secret key starting treatment essence, itu produk paling ga bikin purging dan cocok sama semua jenis kulit termasuk kulit bruntusan. klo darsi mending jangan dicampur2 sama chlorella si, keduanya sama2 detox, mending chlorella dlu 3 bulan atau sebaliknya, itu saranku aja ya sebagai konsumen :)

      Delete
  31. Say mo tnya, wajahq korban krim abal2 ne jd bruntusan kecil2, merah, gatel lg, ampun deh, pdhl dah gk pki krim 4bln, tp mpe skrg msh aj bruntusan, trus gmn say?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi say, wajahmu persis spt wajahku dulu. setelah lepas dari krim abal2, wajahku jadi bruntusan dan super sensitif bertahun2 bahkan hitungannya. saranku kalau mau aman kalau emang kondisi kulitnya rusak parah mending ke dokter spesialis kulit dulu. ikutin saran & rutinitas yang dibilang dokter kulitnya. dokter kulit ya (spkk), jangan sampai kamu ke klinik yang ternyata dokternya cuma dokter umum :)

      Delete
  32. misi mba mau nanya aku kan skrg udah pake wardah ance seriesnya tz apa bisa dipadukan lagi dengan intnesive night creamnya krn mukaku jg lg breakaut asli kusam :( kulit mukaku kyk kasar , sy juga kantoran klo kkntr makenya itu bagusnya apa ?klo make mozturizernya doank tp kalo abis solat jd luntr gitu jd mendingnya pake apa yah ? thnks be4 :)

    ReplyDelete
  33. Muka ku jerawat2 kecil di hidung dan jidat terus pori2ku juga agak besar. Kalau pake facial wash wardah acne cleansing gel dulu ngaruh ga? :(

    ReplyDelete
  34. hai kak,
    wajah yang tadinya hanya muncul jerawat -2 sekarang jadi banyak bekasnya dan jerawat muncul -5 lebih, awalnya aq juga gatau knp bisa begitu? mungkin salah pake bedak padat atau jarang cuci muka hehe
    rasanya malu dan ga pede banget klu liat wajah sendiri,
    gimana sih cara nya menghilangkan bekas jerawatnya yg merah kecil2 banyak lg..?
    bingung haruz pake produk apa, takut tambah parah..
    makasih

    ReplyDelete
  35. halo kak nesa,
    saya sekitar seminggu yang lalu baca blog kakak.
    dan kebetulan problem kita sama banget hiks.
    trus saya langsung beli jamu darsi ama jerawatnya kak, sekarang udah ga banyak jerawat, cuma bekasnya ituloh susah banget hilang.
    produk wardahnya juga udah mulai pakai.
    ingin tanya:
    1. yang saya bingung, nyari wardah intensive night cream kok susah banget ya? sampe sekarang belum nemu di toko2 kosmetik.
    yang banyak tuh lightening cream step 1 sama step 2. apakah pakai yang ini aja gapapa?
    2. masalah jerawat ama bekas jerawat kakak selesai total dalam waktu berapa lama sejak perawatan pakai cara ini kak? kalo boleh tau hehe.

    great post anyway :)

    ReplyDelete
  36. Bravoo postingannya menyentuh banget kak😄😄 karna emang nyatanya sy sendiri juga sepemikiran sama kakak👍

    ReplyDelete
  37. Kak, pengen tau before afternya kakak boleh ga? Yg berhasil pake wardah acne series yaa

    ReplyDelete
  38. Postingan mba menbantu skali , :-)
    bb cream itu spt foundation atw spt bedak biasa y mba ?
    Trus pengen tw kenapa mba gak pake wardah acne powder aja.??
    Makasih mb :-)

    ReplyDelete
  39. sist klo untuk menghilangkan bekas jerawat bagusnya pake produk wajah wardah yg mana ya?

    ReplyDelete
  40. wah info bagus tuh, tapi kalau sebelum tumbuh jerawat pasti ada faktor penyebab jerawat

    ReplyDelete
  41. nice share intip juga bb cream korea terbaik agar tak salah memilihnya :)

    ReplyDelete
  42. Aq jga lg jrwtn nih..tp kcil2 pd bruntusan gtu.udh pk obt acne skin care sonia hmpr 2 bln msih aja purging..nnti smbuh..nnti mncul lg...gtu trs udh cpek....

    ReplyDelete
  43. Makasih banget kak postingannya kaya yang aku lagi butuhin sekarang. Aku udah 2 bulan stop pake krim2 yang katanya mengandung merkuri. Dan beneran lah breakout datang tiada henti. Mau coba cara kakak, minum darsi dan kolagen. Itu dibarengin atau satu-satu ya? kolagennya yang minum sama oles merk apa ya kak? Ditunggu replynya kak, semoga asap hihihi :)

    ReplyDelete
  44. aduh sekarang emang musti pinter buat cari produk ya biar gk fatal :)

    ReplyDelete
  45. Ah iya ini kulit aku berminyak jadinya jerawatan :3

    ReplyDelete
  46. kalau aku sih biasa pakai kayu cendana buat ngilangin jerawat :)

    ReplyDelete
  47. iya problem itu pasti ada dan yang bikin jengkel itu jerawat apalagi yang kayak gini

    ReplyDelete
  48. ada foto before after nya mbak¿?

    ReplyDelete
  49. Ada before after nya kah mba? Pengen tau separah apa break out nya siapa tau saya juga bisa pake wardah

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Klo dpetin bb creamny itu dmn ya..??mau coba..soalny sya slah satu orng yg g bisa pke bedak pasti ja kluar jerawat baru meski bedakny buat yg berjerawat..!!

    ReplyDelete
  52. Aku ada bekas jerawat merah2 gt susah ilang udh 6 bulan 😞 , gimana cara ilanginnya?

    ReplyDelete
  53. wah nice informasinya bermanfaat banget, jerawatku dulu parah banget sampe ak ketemu produk yang top saran dari temen akhirnya jerawat aku ilang. Nih foto jerawatnya :3

    ReplyDelete
  54. Kakak mau tanya, sebulan yg lalu aku pakai produk jafra. Hasilnya muka ku hancur bgt dan breakout, banyak timbuh jrawat di jidat,pipi,dagu:(( aku tanya ke mba konsultan nya dia blg itu detox,sabar ya..tapi udah sebulan ini malh tambah parah kak, akhirnya aku berhentiin aja kak ,krn aku malu bgt buat keluat rmh kalau keadaan kyk gini:( ke kampus pun gak pd kak. Dan skrg aku pngn nyoba pakai wardah kak, kira kira aku pakai bertahap dulu mulai dr facial foam nya atau pakai cream yg untuk siang&mlm nya kak?mksh. Krna aku takut break out lg kak l. Thx u

    ReplyDelete
  55. Kakak mau tanya, sebulan yg lalu aku pakai produk jafra. Hasilnya muka ku hancur bgt dan breakout, banyak timbuh jrawat di jidat,pipi,dagu:(( aku tanya ke mba konsultan nya dia blg itu detox,sabar ya..tapi udah sebulan ini malh tambah parah kak, akhirnya aku berhentiin aja kak ,krn aku malu bgt buat keluat rmh kalau keadaan kyk gini:( ke kampus pun gak pd kak. Dan skrg aku pngn nyoba pakai wardah kak, kira kira aku pakai bertahap dulu mulai dr facial foam nya atau pakai cream yg untuk siang&mlm nya kak?mksh. Krna aku takut break out lg kak l. Thx u

    ReplyDelete
  56. mba saya mau tanya. awalnya muka saya biasa biasa aja. terus saya pakai fair and lovely.. terus timbul jerawat + flek hitam banyak mba. terus saya beralih ke wardah tapi pakainya yang lightening gentle wash mba. lah itu masih tetep jerawatan mba. pengin nyoba yang acne series tapi masih takut mba..

    ReplyDelete
  57. Untuk lebih jelasnya tentang masalah jerawat di atas silahkan mengunjungi blog yang membahas tentang cara menghilangkan jerawat

    ReplyDelete
  58. Untuk lebih jelasnya tentang masalah jerawat di atas silahkan mengunjungi blog yang membahas tentang cara menghilangkan jerawat

    ReplyDelete
  59. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  60. Mba saya mau tanya, saya sudah menggunakan wardah acne series sekitar 3-4 bulanan,tapi jerawat saya bukannya berkurang justru bertambah, itu bagaimana ya mba? Sebaiknya saya hentikan atau lanjut saja? Jika dihentikan sebaiknya saya ganti produk atau bagaimana?

    ReplyDelete
  61. So glad I found this article! Thanks for sharing <3<3<3

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Jamu jerawatnya itu merk nya apa ya kak, apa jamu borobudur jg?

    ReplyDelete
  64. mau nanya kak.. dulu muka aku baik2 aja tapi udah 5bulan ini muka aku timbul jerawat kecil2 atau bruntusan di daerah sekitar dahi sama pipi kanan kiri.. mau coba darsi tapi masih ragu kak..

    ReplyDelete
  65. http://www.pemutihwajahcepat.liyoskin.com/cream-pemutih-wajah-herbal-dan-aman-tanpa-efek-samping/

    ReplyDelete
  66. Thankyou for sharingnya 😊
    Jadi aku jg sdang mngalami jrawat yg parah, gede2 bgt smpe tmenku pada prihatin,, krna memakai prawatan ttt,, bukannya itu g bagus si, hanya saja wajahku kurang cocok,, 😢
    Daannn, krna aku pkir cuci muka dg sabun sering2 itu bikin makin bersih dr debu dan kotoran,, akhirnya sring bgt aku brsihin muka pake sabun+toner,, pagi, siang, kl keluar, pulangnya, mau tidur,,,
    Udh pake wardah acne series tp msih stag,, dan ketemu blog ini bhwa harus jarang2 cuci muka pake sabun,,,
    Mngkin inilah sebabnya,,,
    Fix,, mau jrang2 cuci muka pake sabun dr skrg 😁

    ReplyDelete
  67. Assalamualaikum ka.. Mau tanya nih, q dulu pernah pake krim pemutih yg pertama cocok aja,cuman langsung berhenti wajahku jd item tp g jerawatan, kemudian q pake krim pemutih lain.. Tp malah timbul jerawat dan bekas jerawatnya hitam g ilang2. Q putuskan untuk tidak memakainya lagi sampai sekarang ada sekitar 3-4bulan g pake krim apapun.. Tp tetep jerawat kecil dan bekas jerawatnya masih ada, kulit juga g terawat, jd kusam. Q harus gimna ya ka, pengen bersihin dulu totol2 item nya.. Sama jerawat kecilnya yg kayak komedo lama ilangnya.

    ReplyDelete
  68. Kakak minum darsi nya berapa lama kak sampe jerawat nya ilang? Trs sekarang kakak ada bekasnya gak?

    ReplyDelete

Silakan memberi komentar, tanggapan kamu sangat berarti untuk perbaikan posting ini :)
Komentar yang mengandung SARA, out of topic, offensive, spam, dan yang tidak bermanfaat lainnya tidak akan ditoleransi, dan akan dihapus.