Blog Archive

Monday, May 20, 2013

Takut Dokter Kulit? Jangan!



Ini adalah salah satu postingan yang dipecah dari postingan Ternyata Krim Wajah Racikan Dokter 'Online' karena saking panjangnya postingan tersebut. Jika kamu pernah membaca postinganku sebelumnya (Perjuangan Melawan Breakout), mohon dibaca ulang karena ada yang di-update, dan jangan salah sangka dulu kalau dokter kulit itu tidak penting. Dokter kulit tetap penting, namun meski penting, ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum memulai perawatan di dokter kulit.

Sekitar seminggu yang lalu, aku bertemu dengan salah satu temanku yang wajahnya mendadak breakout parah. Korban produk gajebo? Ya, lagi-lagi benar saja! Produk perawatan dokter yang didapatkan dari mamanya (yang ternyata jika aku cari produknya di Google, banyak sekali yang jual online) ternyata salah satu produk gajebo.

Apa sebenarnya maksud dari produk gajebo (tidak jelas) ini?

1. Tidak diketahui dengan pasti asal produk; siapa pembuatnya, siapa dokternya.
2. Tidak diketahui dengan pasti kelegalan produk; tidak ada BPOM, GMP, FDA atau sejenisnya.
3. Tidak ada bukti konkrit yang menjamin jika produk tersebut aman kandungannya.

Oleh karena itu, temanku yang mendadak panik, lebih mau bertindak hati-hati dalam memilih solusi yang pasti aman pada saat itu juga. Dia memintaku untuk menemani ke dokter kulit yang sering direkomendasikan oleh mahasiswi Fakultas Kedokteran UNS.


Ciri-ciri dokter kulit yang direkomendasikan dari mahasiswi FK UNS adalah sebagai berikut:

1. Pilih dokter kulit yang jelas-jelas dokter kulit! Tertulis benar-benar di klinik prakteknya Spesialis kulit & kelamin, (SpKK). Mereka bahkan tidak menyarankan klinik kecantikan berlabel mahal atau terkenal yang aku tanyakan (Natasha, LBC, Larissa). Bagi mereka, itu semua tidak ada yang sebanding dengan dokter kulit. Update! Mohon maaf salah tanggap kemarin tertulis Erha Clinic, namun ternyata Erha Clinic dokternya SpKK semua, dan justru disarankan banget.
2. Cari dokter kulit yang benar-benar bisa berkonsultasi langsung dengan pasien.
3. Cari dokter kulit yang memang dia mengontrol langsung dan melakukan tindakan jika dibutuhkan. Jadi saat facial, tidak hanya BAnya saja yang berperan.


Kenapa kita butuh dokter kulit?

Mereka belajar lama akan kulit manusia, karena itu mereka tau betul apa yang sedang dialami kulit kita dan apa yang kulit kita butuhkan. Tentu saja ilmu pengetahuan dan jerih payah mereka berilmu tidak dapat digantikan oleh dokter umum atau dokter apapun yang membuka klinik kecantikan juga. Dokter umum pun dapat menjelma menjadi 'dokter kulit-kulitan' setelah les 2 minggu. Uwow! :O

Setelah sampai ketempat dokter kulit tersebut, kami tidak menunggu lama untuk mengantri berkonsultasi. Akhirnya saat-saat berkonsultasipun tiba. Setelah melihat dan mendengarkan cerita akan kulit temanku yang breakout tersebut, inilah saran dari dokter kulit mengenai kulit:

1. Jangan pernah memakai produk perawatan dokter manapun yang tidak pernah dikonsultasikan langsung! Banyak sekali ia temui krim putih-kuning yang isinya sama-sama saja merkuri & HQ yang jelas berbahaya. Sekalipun benar-benar asli produk buatan dokter, karena tidak berkonsultasi langsung, belum tentu itu yang dibutuhkan oleh pasien.

2. Usia 20 tahunan, tidak perlu memakai moisturizer (pelembab)! Cukup sunblock saja, karena kulit masih dalam kondisi yang bagus, masih mengeluarkan minyak sebagai pelembab alami yang sayang jika digantikan dengan pelembab kimia. Moisturizer itu hanya untuk kulit yang sudah berkeriput, otomatis kering karena produksi minyak sangat kurang atau sudah tidak produksi minyak lagi. Moisturizer juga dapat mengakibatkan timbulnya calon-calon jerawat.

3. Sunblock itu super penting! Jika pelembab itu tidak penting namun ternyata kita wajib memakai sunblock sejak dini (usia 16 tahun). Sunblock akan melindungi kulitmu (tubuh & wajah) dari pengaruh buruk sinar UV. Apa saja pengaruh buruknya? Bisa dibaca disini, atau lebih jauh bisa dicari di Google.

4. Jika punya jerawat, walaupun hanya 1-2 sangat tidak perlu memakai bedak jenis apapun, dan foundation. Karena saluran minyak yang harus dikeluarkan menjadi tertutup, sehingga muncul jerawat ditempat lain.

5. Kulit berminyak atau acne prone tidak perlu mengkonsumsi vitamin E! Karena vitamin E justru mengaktivasi minyak, sehingga memperbanyak jerawat. Ternyata hal ini juga sudah banyak diulas, silakan googling-googling~ :)

6. Jerawat tidak boleh dipencet walau sudah matang! Kadang kita tidak sengaja saat mencuci muka mengenai jerawat yang telah matang, akibatnya keluar nanah dan darah. Setelah itu kita terdorong untuk mengeluarkan nanah dan darah tersebut, akhirnya kita pencet lalu 'dhuar!'. Ternyata tetap tidak boleh dikeluarkan paksa seperti itu karena malah akan membentuk luka. Pori-pori yang awalnya dapat menutup kembali jika jerawat dikeluarkan dengan sendirinya menjadi luka bopeng yang tidak akan menutup seperti semula karena 'meledak' tadi. Nah, biasanya sering juga nih kita facial jerawat dipencet-pencet dengan jari si BA. Biasanya tempat facial yang begini bukan milik dokter kulit asli, lebih baik cari klinik yang benar-benar dokter kulit, atau jika uda cocok sama klinik tersebut beritahu BA-nya kalau ada jerawat dibiarkan saja.

7. Kita tidak membutuhkan cleansing milk! Cleansing milk atau cleansing jenis apapun yang bertekstur kental tidak dibutuhkan karena akan menyumbat pori-pori. Dokter kulit menjelaskan dengan sangat sederhana: kulit wajah kita pasti memproduksi minyak yang harus dikeluarkan melalui pori-pori. Jika kita membersihkan wajah dengan cleansing, pori-pori wajah kita tertutup total oleh tekstur kental si cleansing karena cara pemakaian diratakan menggunakan kapas. Oke, dari luar terlihat bersih setelah dibersihkan dengan kapas. Tapi kenyataannya kita barusaja memasukkan bakteri dari luar rumah atau makeup jauh kedalam kulit kita... euwwww!! Jadilah kotoran dan calon jerawat menumpuk didalam kulit.

8. Jangan menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci! Karena hanya akan menyebarkan bakteri ke pori-pori yang terbuka, hiiy..

9. Jika sudah menjadi pasien dokter kulit, ikutilah apa yang dokter kulit sarankan, dan rutinlah kembali ke klinik pada waktu yang ditetapkan oleh dokter kulit tersebut.


Setelah mendengar penjelasan dokter kulit tersebut, akhirnya temanku menjalani facial yang dikontrol saat awal prosesnya. Jadi dokter tersebut memberikan perintah tentang apa-apa saja yang harus diberikan si BA kepada pasiennya. Setelah selesai, dokter tersebut memberikan produk perawatan wajah dan obat minum untuk jerawat serta memberikan penjelasan penggunaannya. Jadi tetap mengenai dokter kulit, tentang produk maupun kliniknya masih banyak yang harus diperhatikan sebelum memulai perawatan. Klinik kecantikan mahal pun tidak menjamin servis dokter kulitnya bagus, dan benar-benar ditangani sendiri. Karena klinik yang temanku jalani ini, biayanya termasuk yang paling murah jika dibandingkan dengan klinik lain. Bagi yang sudah menyerah dengan kondisi wajah, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan perawatan yang lebih profesional :)

FYI temanku menyarankan untuk mencantumkan nama & alamat klinik tersebut agar sumbernya jelas:
dr. Nugroho, SpKK.
Innova Skin (Dermatologic & Aesthetic Skin Care)
Jl. Muh, Yamin 185, Tipes, SOLO
0271-8090061

71 comments:

  1. TRUS HASILNYA SEKARANG BAGAIMANA?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalem nanyanya mbak :) teman saya jauh lebih baik daripada dulu, karena wajah dia jerawatan hormon yang ga mudah diatasi dgn berbagai produk

      Delete
    2. Jerawat hormonal dapat resep obat oral juga ya mbak?

      Delete
  2. terus jadinya kalo gak usah pake milk cleanser bersihin mukanya gmana dong? maksudnya apa langsung pake sabun terus abis itu toner? *abis keluar rumah maksudnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf posting ini belum diperbaiki lagi, setelah beberapa kali bertemu dengan dokternya saya tanya tentang cleansing, maksudnya hanya yang milk atau yang bertekstur kental2, sama halnya seperti ga boleh pakai pelembab saat wajah sudah kena debu. sedangkan kalau teksturnya seperti oil/ cleansing oil boleh, kalau utk makeup tetep boleh pake makeup remover :)

      Delete
  3. haii sistt....
    mau tanya dikit yahh,,
    kl untuk konsultasi dg dokter Nugroho itu apa bisa dateng langsung ato harus reservasi duluu yaa..
    kl praktek dokternya tiap hari apa yaa..
    makasiii

    sukses ut blognya yaa,,ak sukaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa datang langsung say, hari senin-jumat kalo ga salah, ato kamis gitu ya. dia praktek dari jam 3-7 malem aja :)

      Delete
    2. hihihi , share sedikit tentang review dokter kulit nih ya ,
      mana tau bisa bantu kalian buat kasih masukan ,
      kemaren aku ke CYL.ec utsukushi beauty clinic & skincare , dr.winaly christy sp.kk . spesialis dokter kulit hasilnya bagus dan ga bikin aku ketergantungan , aman banget sist , ,
      soalnya jerawat , lobang bekas jerawat n komedo ku udah nggak ada lagi sejak ke CYL.ec utsukushi beauty clinic & skincare ,
      temen2 ku yang punya jerawat , komedo . flek , lobang bekas jerawat , keriput , pori besar , sembuhnya di CYL.ec utsukushi beauty clinic & skincare . dr.winaly christy sp.kk
      muka putih bersih , bercahaya gitu setelah aku pakek 2 minggu'an , hihihihi ,
      klo gak slh website ny : http://www.cylecutsukushi.com , cek jeeeeeee , , , ^^^^^^^^
      bisa di beli online juga sih , aku kalo males ke klinik biasanya by sms , tinggal transfer , trs di kirim ,
      enaknya di klinik ini , gratis konsultsi , heheheh ,

      aku benar benar udh kapok k klinik kecantikan lain , udh k erha , Natasha , ketergantungan , hiksss , , ,
      untung aja ketemu CYL.ec utsukushi , skrg bs lebih pd walau tanpa make up dan bedak ,

      Delete
    3. Alamat klinik nya dimana mb..kok aku buka webnya alamatnya kurang jelas gitu

      Delete
  4. kalau dokter kulit atau klinik kecantikan di Solo yang murah tapi bagus mana ya kak?
    trus rata-rata biaya nya berapa sekali dateng? takut kurang duitnya kan gax lucu ntar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah itu yang aku kasi tau diatas mas, alamatnya ada diatas :)
      biaya konsul klo mahasiswa gratis, klo pertama kali dateng coba bawa kocek sekitar 350rb utk treatment sm beli produk :)

      Delete
    2. Dokter nugroho ga setiap hari ada ya mbak? Adanya jam2 tertentu?

      Delete
    3. Aq dlu ke inova skincare kena biaya konsul mbk pdhl wkt it sy mahasiswa

      Delete
    4. Mahasiswa tetap bayar 80ribu mbak, setelah itu gratis (apapun statusnya ). Dan kalau 3 bln tdk konsul bayar lagi 80rb. Dokternya kurang enak di ajak diskusi tapi, agak sombong dan krg bs memahami keluhan pasien.

      Delete
    5. Mahasiswa tetap bayar 80ribu mbak, setelah itu gratis (apapun statusnya ). Dan kalau 3 bln tdk konsul bayar lagi 80rb. Dokternya kurang enak di ajak diskusi tapi, agak sombong dan krg bs memahami keluhan pasien.

      Delete
  5. Aq jg keracunan krim larissa. Breakout parah 1 muka. Tapi alhmdlh nemu dr spkk. Saran dr dktr umum.. yaitu dr. Flora spkk. Dy dr kulit di PKU jg dosen kdoktern d UMS. Kliniknya d deket tugu lilin. Dr flora adanya jam 3 smpe jm 5.30 aja d clinic itu.Namanya nareswari clinic. Alhmdlh stlh 1bulan dh lumayan mmbaik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, thanks for share, semoga bisa membantu yang lain ya :)

      Delete
    2. hi dear, thanks for share, semoga bisa membantu yang lain ya :)

      Delete
    3. Boleh tau alamat lengkap klinik dokter flora ga sis? Nuwun

      Delete
  6. Waktu itu ke Dr. Nugroho biayanya berapa mbak? terus dokternya enak diajak konsultasi ga? kan gaenak gitu kalo pendiem mau nanya ini itu ntar dijawabnya cuma sekecap :| mohon dijawab ya pertanyaanku ini ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokternya enak kok, dia bakal jelasin panjang lebar tentang kenapa jerawatan :D
      utk konsul gratis kalo mahasiswa dear, bayar pas treatment sm beli produk aja, bahkan ada kok orang yang keluar ga bayar cuma konsul aja hehe :)

      Delete
    2. Mb,bs dibeli online g ya creamnya?soalnya didaerahku di klmntan susah dapetin dr. SpKk..kl bs ak mau donh mb..tq

      Delete
    3. hi dear, coba aja tlp nomornya, minta pin bbnya sama mbak2 resepsionisnya :)

      Delete
  7. Klo mau prwtan + produknya lgkp sekitar brp kak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dear, dulu itu sekitar 350rb, coba tlp aja nomornya, minta pin bbnya sama mbak2 resepsionisnya :)

      Delete
  8. Mbak, dokternya bisa mengatasi soal bekas luka ga ya?

    ReplyDelete
  9. Bener banget nih mbak...aku salah satu pasien innova dan alhamdulillah cocok hehe

    ReplyDelete
  10. mbak kalo make suncreen wardah itu boleh gk klo lg breakout , trus make nya di dabel pke bedak tabur ngk ppa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh boleh, jangan pake bedak tabur. kalo lagi breakout pake sunblock aja, wardah, nivea, skinaqua jg bagus

      Delete
  11. Mohon info Harga paket Cream LBC ,AA,dan ELLA SKIN CARE yang terupdate per skrg Brp yaa Mba?ad yang tau info nya gak mba?

    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh saya ngga tau mbak hehe

      Delete
    2. Ella sekitar 300an sepaket trgntung ambilnya apa aja

      Delete
  12. Replies
    1. standar kok spt di klinik lainnya, tidak mewah2 amat, produknya juga standar paketnya 350rb

      Delete
  13. iyaa mb ,aku udah kesitu.
    o ya mb ,tmn nya ada perubahan setelah brapa lama ya mb?

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Hai aku vee.. aku mau share pngalaman ak pakai cream dr natasha skin care.. aku pakai natasha kurang lebih 6 bulan, awal pakai langsung bagus dn wajah jadi cerah juga halus tapi jd banyak komedo.. dlu ak rajin pkai cream stiap hari, tp lama kelamaan aku tdk pakai stiap hari, dua hr sekali atau 3 hr sekali tapi wajah jadi gatal2 dan ada bintik2 merah seperti calon jerawat stiap kali gapakai cream.. akhirny aku sadar kalau cream itu bkin ketergantungan, ak jg konsultasi dngn dokter kulit yg merupakan ex dokter natasha skin care dan dia blg cream dr natasha itu bahaya bs buat ketergantungan karena dosis yg dimasukan k dlm cream natasha itu berlebihan drpd yg sharusnya shingga pakai cream itu 1mg sajah suda bagus..
    Akhirny ak putusin brenti pake natasha, tp trnyata muka aku jadi gatal2 merah2 perih dan timbul calon2 jerawat , muka ku jg jadi kusam tidak secerah biasanya.. sedih bngt pdhal muka ku sblm pakai natasha ga jrawatan dn uda 2mg belom sembuh.. kta kbnykan org ini adalah konsekuensi berenti dr produk natasha.. huhuuu aku nyesel bngt pake produk natasha, aku sih sarankan berhenti, tapi kalau sudha merasa cocok sm natasha yah gpp dipakai juga tapi jgn pakai cream ny tiap hari , harus ada jarak nya biar muka jg istirahat :):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ke dokter wijaya deh mba..krimnya ga mahal dan ga jd ketergantungan..kalo konsul jg gratis..coba googling alamatnya aja mba...kalo aku biasa konsul ke gading serpong, ruko alexandrit tangerang
      #semoga bermanfaat infonya

      Delete
    2. coba ke dokter wijaya deh mba..krimnya ga mahal dan ga jd ketergantungan..kalo konsul jg gratis..coba googling alamatnya aja mba...kalo aku biasa konsul ke gading serpong, ruko alexandrit tangerang
      #semoga bermanfaat infonya

      Delete
  16. iya apalagi putih terbebas dari bulu :3

    ReplyDelete
  17. Mbak mau tanyak dokter yang bisa do percaya nyariknya dimana mbak? Saya mau nyarik takut salah mbak...

    ReplyDelete
  18. Mbak mau tanyak dokter yang bisa do percaya nyariknya dimana mbak? Saya mau nyarik takut salah mbak...

    ReplyDelete
  19. Mbak mau tanyak dokter yang bisa do percaya nyariknya dimana mbak? Saya mau nyarik takut salah mbak...

    ReplyDelete
  20. mb mau nanya juga niy...aq pengin coba ke innova kliniknya dr nugroho....cuman ada info istri dr.nugroho juga praktek bersama di situ ya...klo sama dr nugrohonya dilayani jam berapa? perku reservasi dulu ga ya? trmksh

    ReplyDelete
  21. Mbak apa kalo ke innova harus beli semua produknya langsung mbak kalo aku ambil beberapa dulu apa ndak boleh?sama kalo gak ambil facial bisa gak mbak? Tolong jawab ya terima kasih

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Wah , cocok ya ke inova .lanjutkan sist

    cek disini-> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/
    Jual mesin antrian serta mesin antrian survey kepuasan pelanggan . Minat ? Silahkan hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete
  24. apa crim2nya dari dr nugroho sdh berBPOM ?

    ReplyDelete
  25. apa crim2nya dari dr nugroho sdh berBPOM ?

    ReplyDelete
  26. rahasia awet muda zell v platinum dari ekstrak placenta domba made in new zealand http://obatantiaging.com/

    16 MANFAAT YANG LUAR BIASA DARI PRODUK ZELL V PLATINUM PLACENTA DOMBA

    1. Menormalkan berat badan yang berlebihan ke berat badan ideal
    2. Meningkatkan flksibilitas otot dan jaringan kulit
    3. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan energi ke level terbaik
    4. Meningkatkan kualitas tidur
    5. Membuat kulit lebih kenyal, elastis dan menambah ketebalan kulit, memperbaiki tekstur kulit
    6. Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh dan mencegah terbentuknya trigleserida yang membentuk lemak tubuh
    7. Meningkatkan daya ingat/memori dan kewaspadaan/kepekaan
    8. Mengencangkan payudara
    9. Mencerahkan warna kulit dan mengurangi flek/bintik-bintik hitam di kulit
    10. Mempercepat proses regenerasi kulit, jaringan dan organ-organ lainnya
    11. Mengurangi gejala pre menopause dan menunda proses penopause
    12. Mengurangi ketegangan dan masalah-masalah sebelum menstruasi
    13. Meningkatkan daya tahan/kekebalan tubuh terhadap penyakit
    14. Meningkatkan semangat dan menghilangkan lesu/lemas
    15. Mengurangi resiko peyakit jantung
    16. Membantu melancarkan peredaran darah/sirkulasi darah

    ReplyDelete
  27. Sempet pengen gara2 baca rivew nya tapi aku masih galau diantara navaa green erha esterika atau dokter ini?-_-

    ReplyDelete
  28. Mbak td aku k dokter nugroho. Dr daftar udah tau mahasiswi tp msh kena biaya konsul. dan kenapa kmrn kakak ku konsul 35rb. Sedangkan aku 80rb. Kenapa beda ya mbak?

    ReplyDelete
  29. Info dong, dr nugroho bisa menghilangkan tahi lalat tanpa operasi gak yah? Tks

    ReplyDelete
  30. Aku peke produk ella skin care kurang lebih selama 10 bulanan nin mb , tapi jerawatku masih aja , kalo siang mesti mukaku jadi merah2 gitu sama kusem banget 😩, mau ganti dokter tapi kok terlalu banyak pilihan jadi bingung ,dokter paling bagus mana ya ? Yg bener2 udah ada bukti temennya mb jadi bersih dari jerawatnya gitu ada nggak ?

    ReplyDelete
  31. Aku peke produk ella skin care kurang lebih selama 10 bulanan nin mb , tapi jerawatku masih aja , kalo siang mesti mukaku jadi merah2 gitu sama kusem banget 😩, mau ganti dokter tapi kok terlalu banyak pilihan jadi bingung ,dokter paling bagus mana ya ? Yg bener2 udah ada bukti temennya mb jadi bersih dari jerawatnya gitu ada nggak ?

    ReplyDelete
  32. Mau tanya dr nugroho minggu buka ndak ya?

    ReplyDelete
  33. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  34. Biaya awal untuk jerawat di dokter kira2 brp ya? Soalnya aq dah terlanjur ke dokter Sunaryo tp blm sembuh jerawatku?

    ReplyDelete
  35. klinik kecantikan cari yg aman2 aja, dokter cantik :)
    http://www.bitebrands.co/2016/05/klinik-kecantikan-populer-terbaik-indonesia.html

    ReplyDelete
  36. Kak, dr nugroho kliniknya ada cabang jakarta ga yah??
    Kalau ga ada yg recommended kayak dr nugroho itu apa yah kak?? Mohon bantuannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab yaa kak aku jg barusan dari dr nugroho ada kok cabangnya di bidakara medical center (bimc) pancoran jaksel tlpn : 8378 3535 coba calling aja dulu kak

      Delete
  37. halloo....
    alhamdulillah bkas jrawat ku hlang pakai krim dr.prasetyadi mawardi SpKK solo....dr nya jg ramah bgttt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mbaa, mau tanya dong, pertama treatment di dr.prasetyadi mawardi SpKK habis berapa mba ?

      Delete
  38. Bantu jawab yaa kak aku jg barusan dari dr nugroho ada kok cabangnya di bidakara medical center (bimc) pancoran jaksel tlpn : 8378 3535 coba calling aja dulu kak

    ReplyDelete
  39. Bantu jawab yaa kak aku jg barusan dari dr nugroho ada kok cabangnya di bidakara medical center (bimc) pancoran jaksel tlpn : 8378 3535 coba calling aja dulu kak

    ReplyDelete

Silakan memberi komentar, tanggapan kamu sangat berarti untuk perbaikan posting ini :)
Komentar yang mengandung SARA, out of topic, offensive, spam, dan yang tidak bermanfaat lainnya tidak akan ditoleransi, dan akan dihapus.