Blog Archive

Sunday, October 28, 2012

Dead Pixel Bikin Repot!

Noda hitam dilayar laptop itu disebut dead pixel. Orang bahkan hanya menyebutnya titik hitam dilayar yang tidak berfungsi merepresentasikan warna sesuai fungsinya. Tapi yang ada pada layarku adaah noda super gede berwarna hitam yang kian membesar!! ough!



Berdasarkan search sana sini dari mbah google, akhirnya aku menemukan kesimpulan:
- Dead pixel akibat dari laptop yang terlalu panas
- Akibat dari benturan dan goncangan
- Jika parah, TIDAK AKAN BISA diperbaiki dengan program. Jadi silakan berkenalan dengan tukang komputer, ya salam!

Benar saja, dead pixel pada laptopku mungkin terjadi karena laptopku sering on berhari-hari. Sering dibawa ke luar kota, yang artinya terkena goncangan di pesawat. Pernah juga tak sengaja ayahku menginjak layarnya sedikit, sedikit sekali! ampun..

Saat aku mencari-cari solusi di google, aku menemukan cara menghilangkan dead pixel dengan program. Setelah menginstall salah satu program rekomendasi, aku pun menjalankannya. Berhari-hari program itu kujalankan, nihil hasilnya. Noda dead pixel pun semakin membesar sebesar 2 buku jari tangan! :O

Setelahnya, aku menemukan cara menghilangkan dead pixel dengan 'diri sendiri'. Cara yang kutemukan cukup unik, ibarat manusia sakit kepala: "pijatlah bagian dead pixel tersebut dengan jari agak menekan secara perlahan". Benar saja, noda dead pixel perlahan memudar, bahkan ada bagian yang hilang dead pixelnya. Namun cara tersebut tetaplah tidak berguna untuk dead pixel parah, karena hari-hari berikutnya dead pixel tersebut kembali seperti semula.

Aku memutuskan menyerah tentang dead pixel setelah aku - akhirnya - berkenalan dengan tukang komputer yang mentaksirkan harga LCD laptopku sekitar Rp 800rb untuk mengganti layar yang sekarang ternoda dengan - hanya - dead pixel semata. Sambil geleng-geleng, akhirnya aku urungkan niat untuk mengganti LCD

Aku pun membeli kipas laptop agar laptopku tidak begitu panas. Dan yay! ternyata inilah solusinya! Bahkan aku sendiri sempat tidak sadar dead pixel yang dulu sangat besar itu hilang karena kipas laptop plus kipas angin yang selalu aku nyalakan tepat disamping laptop, haha!

Jadi, solusinya hanya satu: 'keep your gadget cool!' I mean, really cool! hahah! dan janganlah terlalu cepat mengambil langkah untuk berkenalan dengan tukang komputer! :D

2 comments:

Silakan memberi komentar, tanggapan kamu sangat berarti untuk perbaikan posting ini :)
Komentar yang mengandung SARA, out of topic, offensive, spam, dan yang tidak bermanfaat lainnya tidak akan ditoleransi, dan akan dihapus.